ANALISIS NILAI ABSORBANSI KADAR FLAVONOID TANAMAN HERBAL MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER UV-VIS

  • Anita Purnamasari Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Zelviani UIN Alauddin Makassar
  • Sahara Sahara UIN Alauddin Makassar
  • Nurul Fuadi UIN Alauddin Makassar

Abstract

Flavonoid merupakan metabolit sekunder dari polifenol yang banyak ditemukan pada tumbuhan dan makanan serta memiliki aktivitas biologis. Kadar flavonoid dapat diukur dengan mengetahui nilai absorbansi pada panjang gelombang tertentu berdasarkan prinsip Lambert-Beer dari setiap tanaman herbal menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar flavonoid ekstrak daun sirih merah, daun kembang sepatu dan ekstrak daun kapuk. Proses ekstraksi kandungan kimia dan daun sirih daun waru dan daun kapuk dilakukan dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%. Hasil peneltian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid total daun sirih merah, daun kembang sepatu dan daun kapuk adalah sebesar 1,18131%, 1,4445% dan 1,2985%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kandungan flavonoid tertinggi dimiliki oleh daun sirih merah dengan nilai sebesar 1,8131%.

References

Bintang, Maria. 2018. Biokimia teknik penelitian. Jakarta: Erlangga.

Habibah, Siti. 2014. Perbedaan efektifitas kompres air hangat Dengan kompres air biasa terhadap penurunan Suhu tubuh pada anak dengan demam di ruang Al farisi rumah sakit islam jakarta sukapura. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

James, Joyce, Colin Baker dan I lelen Swain. 2006. Prinsip-prinsip sains untuk keperawatan. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, Hizah Septi. 2016. Gambaran Pengetahuan Ibu dan Metode Penanganan Demam pada Balita di Wilayah Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mutia Vonisya dan Rasmi Zakiah Oktarlina. 2017. Efektivitas Daun Jarak Kepyar (Ricinus Communis L.) sebagai Anti-Piretik. Lampung: Universitas Lampung.

Neldawati, Ratnawulan dan Gusnedi. 2013. Analisis Nilai Absorbansi dalam Penentuan Kadar Flavonoid untuk Berbagai Jenis Daun Tanaman Obat. Padang: Universitas Negeri Padang.

Silalahi, J. 2006. Makanan Fungsional. Kanisius: Yogyakarta.

Suhartati, Tati. 2017. Dasar-dasar spektrofotometri UV-VIS dan spektrometri massa untuk penentuan struktur senyawa organik. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Published
2022-04-30
Abstract viewed = 1959 times