STRATEGI PENGEMBANGAN PEMENUHAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) MATA KULIAH ASAS DAN STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR 1 BERBASIS KURIKULUM INTERNASIONAL KOREAN ARCHITECTURAL ACCREDITING BOARD (KAAB)

  • Mukhlishah Sam UIN Alauddin MAkassar
    (ID)
  • Zulkarnain AS Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alfiah Alfiah Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ibrahim Rahmani Teknik Arsitektur, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Strategi pengembangan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) mata kuliah Asas dan Studio Perancangan Arsitektur 1 berbasis International Korean Architectural Accrediting Board (KAAB) merupakan kriteria acuan penilaian prestasi belajar mahasiswa dalam meningkatkan kualitas kurikulum dan perkuliahan di Jurusan Arsitektur. Metode penelitian dilakukan dengan mengembangkan model ADDIE, seperti menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan wawancara kepada mahasiswa yang telah selesai mengambil mata kuliah Asas dan Studio Perancangan Arsitektur 1. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan strategi capaian pembelajaran lulusan pada mata kuliah Asas dan Studio Perancangan Arsitektur 1 menghasilkan metode pembelajaran, penataan ulang capaian pembelajaran dan penyusunan materi buku pegangan. Capaian hasil belajar dirumuskan dengan kriteria berpikir kritis dalam arsitektur, desain, rekayasa, dan teknologi, dengan menekankan pada material dan metode bangunan.

Author Biography

Mukhlishah Sam, UIN Alauddin MAkassar

Teknik Arsitektur

References

Ajar, P. B., Tegeh, M., & Kirna, M. (1829). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN DENGAN MODEL ADDIE. 2, 12–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature of Science (Nos) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots). Journal of Education Technology, 3(4), 293. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Indonesia, M. P. N. R. (2000). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Siswa.

Kemenristekdikti. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Direktorat Jendral Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 1–10.

Korea, R. (2018). KAAB Conditions & Procedures For Professional Degree Programs in Architecture 2018 Edition.

Nurdin, S. (2019). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 140–147. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.305

Si, M., Rahmat, A., Si, M., Herwina, H., Sc, M., & Si, S. (2018). Keterlaksanaan Pendekatan Problem Based Learning (Pbl) Pada Penuntun Praktikum Pengenalan Dan Teknik Laboratorium Diana. 2(April).

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107

Published
2022-05-01
Abstract viewed = 198 times