ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DAN OMELA DI LOTTE MART MALL PANAKKUKANG MAKASSAR

  • Astati Astati Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Rusni Rusni
    (ID)
  • Amriana Hifizah
    (ID)
  • Handayani Indah Susanti
    (ID)
  • Muh. Sakir
    (ID)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan minuman dan makanan bergizi membuka peluang bagi perusahaan komoditi peternakan terutama komoditi susu, yangmana sangat dibutuhkan oleh banyak orang selain harganya terjangkau dan mudah dikonsumsi. Saat ini banyak sekali bermunculan merek susu dengan berbagai rasa, desain, dan memberikan kualitas yang bagus dan harga yang cukup bersaing, diantaranya susu kental manis Frisian Flag dan Omela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap Frisian Flag dan susu kental manis Omela di Lotte Mart Mall Panakkukang Makassar. Pengumpulan data dilakukan selama 2 bulan yaitu pada bulan Februari sampai Maret 2020. Hasil penelitian dianalisis menggunakan ukuran sikap multiatribut Fishbein, yaitu Ao = bi x ei, dimana: Ao (sikap terhadap susu kental manis), bi (kekuatan keyakinan terhadap susu kental manis), misalnya kandungan nutrisi, dengan atribut i (rasa, harga, kesesuaian, kemasan, merek, kandungan nutrisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam atribut yang dievaluasi, merek dan kandungan gizi memiliki skor sikap tertinggi. Kepercayaan responden terhadap atribut merek dan kandungan gizi susu kental manis Omela memiliki skor sikap yang lebih tinggi daripada Frisian Flag. Artinya konsumen setuju dengan atribut susu kental manis Omela dibandingkan dengan susu kental manis Frisian Flag.

Author Biography

Astati Astati, Universitas Islam Negeri Alauddin

Ilmu Peternakan

References

Style APA dengan menggunakan aplikasi Mendeley

Published
2022-04-30
Abstract viewed = 352 times