PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA AQUATIC CENTER DI KOTA MAKASSAR

  • Muhammad Fachreza Mifta
    (ID)
  • Marwati Marwati
    (ID)
  • Irma Rahayu
    (ID)

Abstract

Aquatic Center sangat penting bagi setiap manusia dari anak-anak hingga orang dewasa, apalagi dalam hal ini, Makassar sering mengadakan kompetisi olahraga air dalam kompetisi seperti Asean Games, POMNAS, dan PORDA dan banyak kompetisi lainnya serta dengan tingkat prestasi atlet yang cukup baik. Oleh karena itu, keberadaan aquatic center di Kota Makassar menjadi salah satu alternatif, terutama bagi yang ingin berlatih untuk kompetisi dan pendidikan. Tujuan penulisan adalah merancang aquatic center dengan menggunakan konsep arsitektur modern pada batas material dan bentuk bangunan yang terletak di jalan Metro Tanjung Bunga Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Metode pembahasan diawali dengan pengumpulan data yang diolah melalui analisis dan sintesis data yang kemudian diolah menjadi sebuah konsep desain. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil perancangan meliputi penerapan arsitektur modern pada penggunaan material dan bentuk yaitu bentuk atap dan fasad dinding yang digunakan.

References

arch2o. (2022). 10 of the Most Iconic Buildings of Modern Architecture. https://www.arch2o.com/10-most-iconic-buildings-modern-architecture/

Ashadi. (2020). Teori Arsitektur Zaman Modern (Buku 3). Penerbit Arsitektur UMJ Press.

Google. (2022). Google Image. www.google.com/ Kantor_Gubernur_Kalimantan_Timur

KAAN ARCHITECTEN, F. A. (2018). KAAN ARCHITECTEN, FRES ARCHITECTES INSTITUT DES SCIENCES MOLÉCULAIRES D’ORSAY. DIVISARE. https://divisare.com/projects/395369-kaan-architecten-fernando-guerra

KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/

Riyadi, G. W., Mauliani, L., & Sari, Y. (2019). Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan Singapore Polytechnic di Tangerang ( PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA BANGUNAN SINGAPORE POLYTECHNIC DI TANGERANG. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 3(2), 101–106.

Wahid, J., & Alamsyah, B. (2013). Teori Arsitektur: Suatu Kajian Perbedaan Pemahaman Teori Barat dan Timur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2022-08-22
Abstract viewed = 208 times