Identifikasi jenis kupu-kupu pada koleksi tumbuhan marga Ixora di Kebun Raya Purwodadi

  • Fensy Rania Putri
    (ID)
  • Linda Wige Ningrum Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)
    (ID)

Abstract

Kebun Raya Purwodadi (KRP) merupakan kawasan konservasi ex situ tumbuhan di dataran rendah kering dengan berbagai koleksi tumbuhan baik berhabitus pohon sampai semak. Salah satu koleksi tumbuhan yang ada di KRP adalah tumbuhan dari marga Ixora yang termasuk dalam famili Rubiaceae. Tumbuhan dari marga Ixora ini tumbuh subur di daerah subtropis sampai tropis dan berbunga sepanjang tahun, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias dan di kawasan Asia Tenggara sering digunakan sebagai tanaman pagar. Adanya proses perbungaan yang sepanjang tahun ini, merupakan hal penting yang digunakan oleh serangga polinator salah satunya adalah kupu-kupu yang sering hinggap pada tumbuhan marga Ixora ini. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kupu-kupu yang hinggap pada koleksi tumbuhan marga Ixora di Kebun Raya Purwodadi. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan (September-Oktober 2022) dengan menggunakan metode observasi lapangan dan didukung dengan beberapa studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tujuh jenis kupu-kupu antara lain Junonia hedonia, Junonia atlites, Troides helena, Hebomia glaucippe, Papilio memnon, Papilio polytes, dan Junonia iphita. Beberapa jenis tumbuhan pada marga Ixora tersebut yang banyak dihinggapi berbagai jenis kupu-kupu tersebut antara lain dari jenis Ixora coccinea L., Ixora grandifolia Zoll & Mortzi, dan Ixora javanica (Blume) DC. Adanya berbagai jenis kupu-kupu yang hinggap di berbagai jenis koleksi tumbuhan pada marga Ixora tersebut menandakan sebuah aktivitas antara flora dan fauna yang saling menguntungkan, baik dari segi polinasinya maupun keberlangsungan hidup antara tumbuhan dan serangga. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu informasi dalam peningkatan kegiatan konservasi ex situ pada kelestarian berbagai koleksi tumbuhan di KRP, serta keseimbangan lingkungan baik secara ekosistem dan ekologi di kawasan KRP agar tetap terjaga.

Author Biography

Linda Wige Ningrum, Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)

Department of Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden -LIPI

Published
2023-12-30
Abstract viewed = 122 times