Inventarisasi koleksi tumbuhan marga Dillenia di Kebun Raya Purwodadi beserta potensinya

  • Salsa Nabila
    (ID)
  • Linda Wige Ningrum Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)
    (ID)

Abstract

Kebun Raya Purwodadi (KRP) merupakan kawasan konservasi ex situ dengan berbagai jenis koleksi tumbuhan tropis. Salah satu koleksi tumbuhan yang ada di KRP adalah koleksi tumbuhan dari marga Dillenia yang masuk ke dalam famili Dilleniaceae. Tumbuhan koleksi dari marga Dillenia ini tumbuh subur di daerah tropis sampai dengan subtropis dari Asia Tenggara, Australia, sampai dengan kepulauan laut India. Di Asia Tenggara sendiri marga Dillenia ini memiliki 100 jenis tumbuhan dan di Indonesia dikenal dengan nama lokal simpur/ sempu. Kayu dari jenis tumbuhan marga Dillenia dapat digunakan sebagai bahan bangunan dikarenakan jenis dari kayu simpur ini tergolong jenis kayu menengah sampai dengan berat. Di sisi lain,terdapat jenis tumbuhan dari marga Dillenia yang memiliki status konservasi terancam punah (critically endangered). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi koleksi tumbuhan dari marga Dillenia di Kebun Raya Purwodadi beserta potensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif observasi dengan studi literatur sebagai bahan pendukungnya. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan (Oktober-November 2022). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat koleksi tumbuhan dari marga Dillenia sebanyak 37 nomor dan 88 spesimen koleksi tumbuhan dari marga Dillenia di 4 lingkungan Kebun Raya Purwodadi dengan kondisi 95,45 % sehat. Beberapa koleksi jenis tumbuhan dari marga Dillenia yang masuk ke dalam kategori di daftar IUCN Redlist contohnya adalah Dillenia serrata Thunb, Dillenia philippinensis Rolfe., Dillenia indica L., Dillenia megalantha Merr. dan Dillenia celebica Hoogland. Potensi yang ada pada beberapa jenis marga Dillenia antara lain yaitu sebagai bahan obat (sariawan, demam, sembelit, disentri, sakit perut, dan lain-lain), antioksidan, antidiabetes, antikanker, sumber bahan pangan, sampo, furnitur/ mebel, tanaman hias, pohon peneduh, dan lain-lain. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan data awal terhadap peningkatan kegiatan konservasi ex situ pada koleksi tumbuhan dari marga Dillenia, apalagi terdapat beberapa tumbuhan koleksi yang hanya ada satu spesimen di KRP sehingga perlu adanya penambahan nomor koleksi/ perbanyakan koleksi tumbuhan tersebut. Sehingga kelestarian tumbuhan koleksi dari marga Dillenia dapat terus lestari, dan dapat dijadikan sebagai bahan penelitian selanjutnya.

Author Biography

Linda Wige Ningrum, Kebun Raya Purwodadi, Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Purwodadi Botanic Garden, Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden-LIPI)
Department of Research Center for Plant Conservation and Botanic Garden -LIPI
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 145 times