Analisis keterkaitan kendaraan bermotor dengan konsentrasi Particulate Matter (PM) di MAN 2 Kota Padang
Abstract
Salah satu sumber terbesar dari pencemaran udara berasal dari gas buang kendaraan. Salah satu jenis pencemaraan udara adalah particulate matter (PM), yaitu PM10 dan PM2,5. Jalan Gajah Mada, khususnya MAN 2 Kota Padang, setiap harinya dipenuhi oleh kendaraan. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan jumlah kendaraan dan temperatur udara terhadap konsentrasi PM10 dan PM2,5. Pengukuran PM10 dan PM2,5 menggunakan Multifunction Air Detector Digital. Pengukuran jumlah kendaraan secara manual menggunakan counter. Pengukuran temperatur udara menggunakan anemometer. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata harian jumlah kendaraan, temperatur udara, konsentrasi PM10 dan konsentrasi PM2,5 yang didapat di depan MAN 2 Jalan Gunung Pangilun yaitu 625,76 unit, 28,88ºC, 39,37 µg/m3, dan 35,49 µg/m3. Jumlah kendaraan bermotor dengan konsentrasi PM10 dan PM2,5 di udara ambien depan MAN 2 Jalan Gajah Mada memiliki hubungan sedang. Sedangkan kecepatan kendaraan di Jalan Gajah Mada tidak memiliki hubungan atau tidak mempengaruhi konsentrasi PM10 dan PM2,5. Kecepatan kendaraan tidak selalu berpengaruh terhadap konsentrasi PM10 dan PM2,5 dikarenakan konsentrasi PM10 dan PM2,5 terdispersi di udara yang disebabkan oleh faktor lain seperti kecepatan dan arah angin. Variabel temperatur udara dengan konsentrasi PM10 dan PM2,5 di udara ambien Jalan Gajah Mada tidak memiliki hubungan karena alat penelitian tidak ter kalibrasi sehingga data tidak dapat digunakan untuk uji lebih lanjut. Sedangkan menurut jurnal dan penelitian sebelumnya, variabel temperatur udara memiliki hubungan dengan konsentrasi PM10 dan PM2,5.
Copyright (c) 2025 Alisman Agung Ratas, Sri Yanti Lisha, Wathri Fitrada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This license allows authors to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the Work, in any format or medium, for any purpose including commercial purpose, on a perpetual basis provided they credit the Work and the authors. Authors
must explain any changes that were made from the original and may not suggest the authors endorse the use. The resultant work must be made available under the same terms, and must include a link to the CC BY 4.0 International License.