PEMANFAATAN BIJI TREMBESI SEBAGAI SELAI YANG MENGANDUNG PROBIOTIK DENGAN PEMBERIAN YOGHURT

  • Dian Fahmi Lestari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Abstract

Indonesia memiliki banyak jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang koro pedang dan kacang kecipir, yang dapat dimanfaatkan menjadi olahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan jenis kacangkacangan tersebut dalam bentuk food bar sebagai pangan darurat Penelitian diawali dengan karakterisasi bahan baku pembuatan food bar. Selanjutnya dilakukan perhitungan perkiraan energi untuk menetapkan formulasi produk, yang dilanjutkan dengan pembuatan food bar serta analisa produk. Trembesi (Samanea saman) merupakan tanaman cepat tumbuh asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan sebelah utara,tetapi pohon trembesi banyak tersebar di kepulauan Samoa, Daratan Mikronesia, Guam, Fiji, Papua Nugini, dan Indonesia. Trembesi menghasilkan biji yang berlimpah. Biji trembesi merupakan biji yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan selai pengganti kacang tanah. Pembuatan selai ini diberi penambahan yoghurt yang merupakan minuman fermentasi dari susu sapi murni didalamnya mengandung probiotik atau suplemen dalam makanan yang mengandung bakteri yang sangat menguntungkan. Beberapa probiotik terdapat secara alami, contohnya seperti Lactobacillus dalam yoghurt.

References

Adriyan dan Siti Aminah. (2012). Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Sifat Organoleptik Yoghurt Dengan Campuran Berbagai Konsentrasi Sasri Lidah Buaya (Aloe vera). Vol 3, No. 6. Universitas Muhammadiyah Semarang: Semarang.

Firman Jaya, Didik Kusumahadi dan Dedes Amertaningtyas. (2011). Pembuatan Minuman Probiotik (Yoghurt) Dari Proporsi Susu Sapi Dan Kedelai Dengan Isolat Lactobacillus casei Dan Lactobacillus plantarum. ISSN : 1978-0303 Vol 6, No 1. Universitas Tribhuawana Tunggadewi.

Riyanti Ekafitri dan Rhestu Isworo. (2014). Pemanfaatan Kacang-Kacangan Sebagai Bahan Baku Sumber Protein Untuk Pangan Darurat. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Tri Puji Astuti. (2009). Studi Komparasi Kualitas Pindikaas Biji Trembesi Yang Dibuat Dengan Kondisi Proses Berbeda. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Wirawan dan Wahyu Mussholaeni. (2008). Optimasi Lama Blanching Pengolahan Selai Kacang Tanah Metode Regresi Kuadratik. Vol. 8, No. 1 Hal 73-80. Universitas Tribhuawana Tunggadewi.

Yuli Ardiani, Melya Riniarti dan Afif Bintoro. (2014). Pengaruh Lama Waktu Perendaman Dengan Air Terhadap Daya Berkecambah Trembesi (Samanea saman). ISSN 2339-0913 Vol 2, No 2.. Universitas Lampung: Lampung.

Section
Studi Kasus
Abstract viewed = 4445 times