PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (AIR LINDI) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABE (Capsicum annum L) DARI KABUPATEN BANTAENG

  • Musdalifa Musdalifa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Abstract

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah terletak di Kabupaten Bantaeng merupakan tempat pembuangan akhir sampah. TPA Sampah bantaeng beroperasi dengan sistem open dumping sehingga berpotensi untuk mencemari air tanah dangkal di sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik air lindi sampah, pengaruhnya terhadap kualitas air tanah dangkal disekitar TPA Sampah dan bagaimana kualitas air tanah dangkal berdasarkan baku mutu air untuk keperluan air minum serta status Indeks Pencemarannya Air limdi tersebut potensial untuk dijadikan pupuk organik cair. Air lindi apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan dampak negatif karena mengandung zat pencemar organik dan anorganik yang tinggi. Namun, air lindi memilik kandungan unsur hara makro berkadar tinggi. Selain itu, saat ini penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan akan mengurangi tingkat kesuburan tanah dan menurunnya produktivitas tanaman.

References

Basriyanta, 2007, Memanen Sampah, Kanisius, Yogyakarta.

Chen, Y.K., 1975, Mechanism of Leachate Formation in Sanitary Landfill, Ann ArborScience, Michigan

Ardiyaningsih P.L, Sarman S, dan Elly I. (2010). Subtitusi Pupuk Anorganik dengan Kompos

Wahyono Hadi. (2017). Uji Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Lindi dengan Penambahan Bakteri Starter Terhadap Pertumbuhan Tanaman Hortikultura (Solanum melongena dan Capsicum frutescens), ISSN 2337-3539 Vol. 6, No. 2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Surabaya.

Irhamni, Setiaty Pandia, Wirsal Hasan. (2017). Kandungan Logam Berat pada Air Lindi

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banda Aceh, ISSN 2223-7054 Vol . 5,No. 5 April 2017.

Kinetika Lumpur Aktif Untuk Pengolahan Air Lindi Sampah (Leachate). Vol. 14, No. 2. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Syamsul, A. (2014). Aspek Hukum Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup, Cetakan Pertama, Penerbit Medan Area University Press.

Basriyanta 2007. Penentuan Nilai Parameter Kinetika Lumpur Aktif pada Pengolahan Air Lindi

Sampah Secara Aerobik. Skripsi. Fakultas teknologi Pertanian IPB. Bogor.

Section
Vol. 11 Nomor 1 Tahun 2017
Abstract viewed = 4863 times