UJI AKTIVITAS ENZIM AMILOGLUKOSIDASE DARI Aspergillus niger PADA KOMBINASI pH DAN SUHU YANG BERVARIASI

  • Fatmawati Nur Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji aktivitas enzim amiloglukosidase yang dihasilkan oleh Aspergillus niger pada kombinasi pH dan suhu yang bervariasi, yaitu pada pH 4.5, 5.0, dan 5.5,
suhu 35 °C, 40 °C, 50 °C, 55 °C, 60 °C, dan 65 °C, dengan tujuan mengetahui kombinasi pH dan suhu yang optimum untuk aktivitas maksimum enzim tersebut. Pengujian aktivitas enzim amiloglukosidase dilakukan pada jam ke 96 waktu fermentasi pada media cair yang diinkubasikan pada penangas goyang, suhu kamar, dan pH 4.5 dengan metode Sacharifying, tiga kali ulangan dan dianalisis dengan Rancangan Faktorial, Rancangan Acak Kelompok (RAK), kemudian dilanjutkan dengan uji Wilayah Berganda Duncan (WBD). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Aktivitas enzim amiloglukosidase maksimal terjadi pada kombinasi suhu 60 °C dan pH 5.0 sebesar 15.6493 (unit/ml), dan aktivitas enzim amiloglukosidase minimal terjadi pada kombinasi suhu 65 °C dan pH 5.5 sebesar 7.9823 (unit/ml).

References

Dwidjosepoetro, D. (1989), "Pengantar Fisiologi Tumbuhan", Gramedia, Jakarta.

Gaman, P.M., Sherrington, K.B. (1992), "Ilmu Pangan. Pengantar Ilmu Nutrisi dan Mikrobiologi", Terjemahan oleh : Mardijati Gardjito, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardjo, S., Indrasti, N.S., Bantacut, T. (1989), "Biokonversi : Pemanfaatan Limbah Industri Pertanian", PAU Pangan dan Gizi, IPB, Bogor.

Kertesz, Z.I. and R.I. Me Collogen (1976), "Enzim Acting on Pectin Subtances" dalam "Advances in Carbohydrat and Biochemistry", (Tipson, R.S. and H. Derek, ed), Academic Press, London.

Pelczar, M.J. dan Chan (1985), "Dasar-dasar Mikrobiologi 1", Terjemahan oleh R.S. Hadioetomo, T. Imas, S.S. Tjitrosoepomo, S.L. Angka, Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Rahman, A. (1992), "Teknologi Fermentasi", Arcan, Jakarta.

——— (1992), "Teknologi Fermentasi Industrial", Arcan, Jakarta.

Smith, I.E. (1993), "Prinsip Bioteknologi", Terjemahan oleh V.F. Sumo, B.Sumantri, dan Subono, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Winarno, F.G. (1995), "Enzim Pangan", Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Page, D.S (1985), "Prinsip-prinsip Biokimia ", Terjemahan oleh R. Soendoro, Erlangga, Jakarta.

Section
Vol. 11 Nomor 1 Tahun 2017
Abstract viewed = 1648 times