“STUDENT CENTERED LEARNING” BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Abstract
Student Centered Learning disingkat SCL atau Pembelajaran yang berpusat pada Mahasiswa merupakan suatu metode yang memacu mahasiswa untuk berperan lebih aktif, mandiri dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Disini mahasiswa diarahkan untuk melakukan personelisasi model pembelajarannya. Dibandingkan dengan metode teacher centered learning(TCL) dimana pembelajaran berpusat pada dosen, dan dosen menjadi pusat dari pengetahuan serta pusat referensi bagi mahasiswa pada matakuliahnya. Saat ini metode TCL pelan-pelan mulai diragukan efektifitasnya dalam proses transformasi pengetahuan dari dosen ke mahasiswa, disisi lain metode SCL mulai mendapat sambutan karena dianggap dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran mahasiswa dalam menyerap pengetahuan yang diberikan dan dicari sendiri oleh mahasiswa tersebut.
. Implementai SCL ini tidaklah semudah implementasi TCL, jika pada TCL dosen hanya memberikan ceramah dan sekali-kali melakukan diskusi hanya memerlukan pengetahuan bidang ilmu dengan dukungan tool seperti slide Power Point, sedangkan pada SCL dosen harus lebih kreatif menggunakan berbagai tool yang ada dalam rangka memfasilitasi mahasiswa agar dapat belajar secara mandiri, seperti tool e-learning, internet serta perangkat audio video.
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang singkat TIK dalam SCL sangat membantu mahasiswa dalam melakukan proses pembelajaraan secara mandiri. Internet menyediakan referensi terlengkap yang tersedia kapan saja dan dimana saja. E-learning membantu menyediakan referensi yang lebih fokus pada mata kuliah yang akan dipelajari. Perangkat Audio Video membantu mahasiswa dalam peningkatan pemahaman terhada suatu materi ajar. Selain itu ada beberapa lagi tool TIK yang akan sangat membantu metode SCL ini, seperti Smartboard, Video Conference, Forum Disuksi Onlline dan lain-lain. .
This license allows authors to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the Work, in any format or medium, for any purpose including commercial purpose, on a perpetual basis provided they credit the Work and the authors. Authors
must explain any changes that were made from the original and may not suggest the authors endorse the use. The resultant work must be made available under the same terms, and must include a link to the CC BY 4.0 International License.