STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PANTAI MANDALA RIA DI KABUPATEN BULUKUMBA

  • DEVI FITRIANI Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • ABD. RASYID MASRI Jurusan Kesejahteraan Sosial UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • KAMALUDDIN TAJIBU Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tourism marketing communication is an increase in visit requests, also intended to create interaction or exchange of information between the organization and prospective tourists based on quality and satisfaction with the exchange process. The communication strategy is an effort made by the Tourism Office of the Regency of Bulukumba to be directly involved in the process of developing tourism objects, which is in the Mandala Ria Beach of Bulukumba Regency in order to further increase the attractiveness for the tourists. The purpose of this study was to determine the potential of the socio-cultural of the community in developing Mandala Ria beach. To find out opportunities and challenges in developing the beach attractions of Mandala Ria Ara-Lembanna, and to find out the communication strategy carried out by the Bulukumba Tourism Office in developing the potential of the Mandala Ria Ara-Lembanna Beach tourism object.

References

Asriandy, Ian. “Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2016.

Darmayasa. Jurnal kepariwisataan. Makassar: Akademi Pariwisata Makassar, 2008.

Devy, Helln Angga, R.B. Soemanto. “Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar”. Jurnal Sosial 32, no.1 .2017.

Dokumen Profil Desa Ara

Dokumen Profil Desa Lembanna

Eriyanto. Analisisisi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu – Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: 2001.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Cet.3, Jakarta: Bumi Aksara 2015.

Imaduddin, Rizkun. “Pengembangan Wisata Pantai Lawata dalam Pengembangan Wilayah di Kota Bima”. Skripsi. Makassar. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2017.

Itamar, Hugo. “Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2016.

Junaid, Ilham. “Pariwisata Bahari: Konsep dan Studi Kasus”. Makassar: Politeknik Pariwisata Makassar, 2018.

Kriyantono, Rahmat. Teknik Politik Riset Komunikasi, Cet. II, Jakarta: Kencana, 2009.

Marpaung, Happy, Herman Bahar. Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta, 2002.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: 2007.

Profil Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba 2018.

Saenong, Muhammad Arief. Ragam Budaya Ara. Gorontalo : CV. Cahaya Patra, 2017.

Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Sari, Serliana. “Model Komunikasi dalam Mengembangkan Image Obyek Wisata Alam Oleh Humas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir”. Skripsi. Pekan baru. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim, 2013.

Syahriza, Rahmi. “Pariwisata Berbasis Syariah”. Jurnal Sosial 1, no.2. 2014.

Uchjana, Onong. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,1992.

Yoeti, Oka A. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa, 2001.

Yoeti, Oka A. PemasaranPariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa, 1985.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada media Group, 2014.

Sumber Online:

http://www.pengertianpakar.com/2015/05/teknik-pengumpulan-dan-analisis-data-kualitatif.html

http://www.acehtourism.info/id/pariwisata-dalam-perspektif-islam/

http://indonesia-investments.com/industri-pariwisata-indonesia/

http://www.pariwisatadanteknologi.blogspot.com

http://www.lonelyplanet.com

https://tafsirweb.com/-surah-ar-rum.htm.

http://www.bimbingan.org/kualitatif-interpretatif

http://www.travel.kompas.com

http://www.ilmudakwah.bentuk-bentukdakwah.com

Published
2020-03-31
Section
Vol.1 No.1 Maret 2020
Abstract viewed = 466 times