REPRESENTASI POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2019 PADA PEMBERITAAN KOMPAS.COM

  • EPI ARESIH TANSAL Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • RAHMAWATI LATIEF Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • HARTINA SANUSI Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study aims to determine the  representation of identity politics in the 2019 presidential election in Kompas.com. This scientific research approach uses framing analysis by Robert N Entman, who will look at what the mass media frame each report and also what journalists look at in selecting the issue and also the viewpoint used. the results show that Kompas.com in viewing the issue of identity politics as a threat to the unity and harmony of the multicultural Indonesian people. Kompas.com puts identity politics in the form of straight news.This study aims to determine the  representation of identity politics in the 2019 presidential election in Kompas.com. This scientific research approach uses framing analysis by Robert N Entman, who will look at what the mass media frame each report and also what journalists look at in selecting the issue and also the viewpoint used. the results show that Kompas.com in viewing the issue of identity politics as a threat to the unity and harmony of the multicultural Indonesian people. Kompas.com puts identity politics in the form of straight news.

References

Agustin, Risa. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia”. Surabaya: Serba Jaya 2012. h.123.

Anggoro, Ayub Dwi. “Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang Pemberitaan hasil Pemilihan Presiden 9 juli 2014 di tvOne dan Metro TV)”, Jurnal.http://journal.umpo.ac.id/index.php/aristo/article/view/16. (12 maret 2019).

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya), http://library.um.ac.id/free-contents/penelitian-kualitatif-komunikasi-ekonomi-kebijakan-publik-dan-ilmu-sosial 38076.html. (5 Mei 2019).

Djuyandi, Yusa. “Koalisi Partai Politik untuk Demokrasi : Membangun Demokrasi Kebangsaan dalam Nuansa Prulalisme”. Jurnal ilmu politik. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3153. (18 mei 2019).

Eriyanto, “Analisis Framing (Konstruksi, Ideologi dan Politik Media). Yogyakarta:

h. 9.

Ghanes Eka “Bingkai Media pada Pemberitaan Capres Jokowi pada Pilpres 2014 (Analisis Framing Media Online Kompas.com dan Detik.com)”. Skripsi. (Semarang: Universi tas Diponegoro, 2014).h. 25.

Habibi, Muhammad.“Analisi Politik Identitas di Indonesia”. Jurnal. https://www.researchgate.net/publication/315338050_Analisis_Politik_Identitas_di_Indonesia_Identity_Politics_in_Indonesia. (7 Mei 2019).

Hadi,Idol Prijana. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Era Jurnalistik Modern dalam Jurnal ilmiah Scriptura. Volume 3 No.1, Januari, 2009.

Hamka, Tafsir Al-Ahzar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 2007.

Iswara, Dana. Mengangkat Peristiwa Ke Layar Kaca: Panduan Menjadi Jurnalis Televisi. jakarta: Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP), 2007.

Junai, Romika,“Terorisme di Media Baru Indonesia (Analisis framing pemberitaan terorisme di portal berita republika.co.id dan Kompas.com tahun 2005-2013)”, Bandung: Thesis, Unpad:Fisip, 2014. H. 21.

KPU, “Info Pemilu” situs resmi KPU diakses dari https://infopemilu.kpu.go.id/, (21 Mei 2019).

Laswell, Harold, Propaganda Technique in the World War pdf. https://www.ijsr.net. (22 Januari 2019).

Mondry. Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik. Ghalia Indonesia: Bogor 2008.h 33.

Muhtadi, Burhanuddin, Populisme Politik Identitas dan Dinamika Elektoral, (Cet.I Intrans Publishing;Jakarta, 2019). h. 75.

M. Himawan Sutanto, “Political Propaganda a Candidate of Presidential of Indonesia Republic 2014 -2019 (The Analysis of the Campaign Content of Presid ential Election in 2014 KOMPAS Daily Edition June 4 to July 5, 2014)”. Skripsi. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang, 2014.

Mietzner, Marcus. “Reinventing Asian Populism: Jokowi's Rise, Democracy, and Political Contestation in Indonesia. Jurnal East West Center”. https://www.eastwestcenter.org/system/tdf/private/ps072.pdf?file=1&type=node&id=35018. (4 mei 2019).

Nastiti, Rena Rahayu, “Konstruksi Diskriminasi Perempuan Dalam Pemberitaan Kriminal di Kompas.com (Analisis Framing Robert N Entman)”. Skripsi Makassar : UIN Alauddin Makassar, 2017, hlm. 84.

Nimmo, Komunikasi Politik, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008.

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta: LKSI Pelangi Aksara, 2007.

Poltracking Indonesia, Elektabilitas Kandidat Simulasi 4 Nama Pasangan. Temuan Survai Nasional Poltracking Indonesia 2018. Jakarta: Poltracking Indonesia 2018.

Rizal, Muhammad. “Analisis Framing Pemberitaan Politik Capres di media Sosial Pada Akun Detik.com (Analisis Framing)”.Laporan Hasil Penelitian. (Semarinda: Universitas Mulawarman 2014). H. 30.

Romli, Asep Syamsul M. “Jurnalistik Online,” Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.

Sedia, Wiling.”Jurnalistik”, Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Ciracas, 2005.

Siagian, Haidir Fitra,“Pengaruh Kredibilitas Komunikator Politik untuk Mendapatkan Dukungan Khalayak Dalam Pemilihan Umum” Jurnal. (Malaysia: Universitas Kebangsaan Malaysia), 2012. https://media.neliti.com/media/publications/76108-ID-pengaruh-kredibilitas-komunikator-politi.pdf (7 Mei 2019).

Sobur, Alex, Analisis Teks Media (suatu pengantar analisis wacana, analisis semiotika, dan analisis framing), Jakarta: 2008.

Susanto, Harry Susanto, Komunikasi Politik :Pesan dan Khalayak, Mitra Wacana Media. Jakarta: 2012.

Wantona, Saradi, “Praktek Politik identitas dalam dinamika Politik Lokal Masyarakat Gayo”, Jurnal. https://journal.ipb.ac.id. (28 Mei 2019).

Published
2020-03-31
Section
Vol.1 No.1 Maret 2020
Abstract viewed = 594 times