STRATEGI MAJALAH UNIVERSUM DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • NUR FITRI RAUF Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • KAMALUDDIN TAJIBU Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • JALALUDDIN B Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study discusses the Universum Magazine Strategy in the 4.0 Revolution Era. The research objectives to find out the strategy of the UIN Alauddin Makassar universal magazine in changing information flow and to find out the impact of information shifting on the image of UIN Alauddin Makassar on the community. The source of the data in this study was obtained from direct interviews with several informants in the research locations including, the Head of Public Relations Section of UIN Alauddin Makassar, Universum Magazine Journalist, and Universum Magazine Reader. Data processing and analysis techniques, namely through the process of data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed that the strategy of the universal magazine UIN Alauddin Makassar in changing the flow of information including developing universal magazines from the printed version to the digital version and the ability to adapt to changes must be clever in viewing audience behavior.

References

Amdarini, Siregar Ellanda. “Perbandingan Media Konvensional dan New Media terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (StudiKomparatif tentang Penggunaan Surat Kabardan Berita Online terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Kalangan Mahasiswa FISIPUSU).” (Medan: Universitas Sumatera Utara, 2014)

Anoraga, Panji. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah, Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Asep Syamsul M, Romli. Jurnalistik Online Panduan Praktis MengelolaMedia Online. Bandung: Nuansa Cendikia, 2012.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada, 2016.

Elga, Setianing cahya.Transformasi Media Cetak Ke Dalam Media Online (Studi Deskriptif Kualitatif Majalah Destinasia Di Bandung). Bandung: Universitas Pasundan Bandung, 2016.

Endang, Mastuti Kus. Strategi Majalah Swara Quran Dalam Menghadapi Persaingan Media. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.

Herliani, Lia. Analisis Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial Facebook sebagai Media Promosi Anggota BUSAM (Bubuhan Samarinda).eJournal Ilmu Komunikasi, 2015.

Hiebert, Ray Eldon, Donald F. Ungurait, Thomas W. Bohn, Mass Media: An Introduction to Mass Communication. New York: David McKay Company, 1975.

Hunger, J. David dan Tomas L. Wheelen., Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Jalaluddin, Rakhmat. Psikologi Komunikasi (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003), h. 188.

Joseph R, Dominick. The Dynamics of Mass Communication. New York: Random House, 2000.

Moleong, J.Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Kraya, 1988.

Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit UI 1992.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Supranto, J. Metode Riset,Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbitan FEUI,1998.

Usman, Husain dan Akbar, Purnomo Setia. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Vivian, John. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2008.

Yusup, Pawit M. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Internet :

Fitriyanti, Media Baru. Diunduh pada tanggal 18 September 2019.digilib.uinsby.ac.id/16442/5/Bab%202.apdf.

H. Prasetyo, Industri 4.0: Telaah klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset, pada tanggal 11 Juli 2019, www.ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/viewFile/18369/12865.

Listhari Baenanda, Mengenal Lebih Jauh Revolusi Industri 4.0, diakses pada 12 September 2019, binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/

Michael Reily, Nielsen: Pembaca Media Digital Sudah Lampaui Media Cetak, diakses pada tanggal 11 Juli 2019, www.katadata.co.id/berita/2017/12/07/nielsen-pembaca-media-digital-sudah-lampaui-media-cetak.

Muhammad Rahmad. (2013), “Masa Depan Bisnis Media di Era Konvergensi,”diakses pada 12 September 2019, http://www.kompasiana.com/mrahmad/berakhirnya-media-cetak-tempo-diambangkebangkrutan_552e47ac6ea83403398b4570.

Putri, Teori New Medi, diunduh pada tanggal 18 September 2019.repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/42287/Chapter%20II.pf?sequence=4

Sejarah UIN, diunduh pada tanggal 23 Januari 2020, https://uin-alauddin.ac.id/profil/sejarah-perkembangan

UIN akan Terbitkan Majalah Universum, diakses pada tanggal 23 Januari 2020, https://uin-alauddin.ac.id/berita/detail/uin-akan-terbitkan-majalah-universum

Visi, Misi, dan Tujuan, diunduh pada tanggal 23 Januari 2020, https://uin-alauddin.ac.id/profil/visi-misi-dan tujuan

Published
2020-03-31
Section
Vol.1 No.1 Maret 2020
Abstract viewed = 240 times