REPRESENTASI NILAI DAKWAH PADA FILM AJARI AKU ISLAM

  • RISMAWATI RISMAWATI Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • RAHMAWATI HARUNA Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • SYAMUN SYAMUN Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study examines the value of da'wah contained in the film "Ajari Aku Islam" which aims to identify the representation or depiction of the value of da'wah in the film, through a system of markers and signs, and to find out the reflection of pluralism in people's lives in the film. "Teach Me, Islam".The results showed that the meaning of signs using semiotic analysis in the film "Ajari Aku Islam " by referring to the signifier and the sign (signified) can be observed conceptually. In this film, there are da'wah values that are oriented towards the whole of Islamic teachings including the fields of faith, law and morals which are represented in the form of da'wah Bi Al-Lisan, Bi Al-Qalam, and Bi Al-Hal. There are two points of the representative of the life of pluralism in the film Ajari Aku Islam, namely places and ways of praying.

References

Buku:

Al-Qur’an Al-Karim

Akbar, Budiman. Semua Bisa Menulis Skenario. Jakarta: Erlangga, 2015.

Amin, Muliaty. Pengantar Ilmu Dakwah. Makassar: Alauddin University Press,

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2013.

AS, Enjang dan Aliyuddin, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjajaran, 2009.

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2004.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada. 2002.

Danesi, Marcel. Pesan Tanda dan Makna. Cet.1; Yogyakarta: Jalasutra, 2010.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Special For Woman. Syaamil Qur’an, 2009.

Effendi, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.

Effendi, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.

Ida, Rahmat. Studi Media dan Kajian Budaya. Cet. 1; Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

Ismail, Usmar. Mengupas Film. Jakarta: Sinar Harapan, 1983.

Kriyanto, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi, dengan kata pengantar oleh Burhan Bungin, Edisi Pertama. Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2009.

Kusnawan, Aep. Ilmu Dakwah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 2004.

Madjid, Nurcholis. Mencari Akar-akar Islam bagi Pluralisme Modern: Pengalaman Indonesia. Dalam jalan Baru, editor Mark R. Woodward. Bandung: Mizan, 1998.

Naim, Ngainun dan Achmad Saugi. Pendidikan Multi Kultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Naim, Nganiun. Islam dan Pluralisme Agama. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2014.

Piliang, Yasraf Amir. Hipersemiotika: Tafsir Culture Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra, 2003.

Rachman, Budi Munawar. Islam Pluralis. Jakarta: Paramadina, 2001.

Rahma, Nur. “Makna Pluralisme Agama dalam Film Tanda Tanya”, Skripsi. Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, 2019.

Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Cet. II; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka. Bandung: Mizan, 1999.

Sobur, Alex. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Cet. 2; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Suhadang, Kustadi. Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi. Bandung: Rosda, 2013.

Thoha, Anis Malik. Tren Pluralisme Agama Tinjauan Kritis. Jakarta: Perspektif, 2006.

Usman, Husain dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Cet

V; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Vera, Nawiroh. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Internet/Jurnal:

Alamsyah. Perspektif Dakwah Melalui Film. Dakwah Tabligh. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/304 (29 Oktober 2019).

Ambar. “8 Teori Representasi dalam Komunikasi Visual-Konsep dan Macamnya”, PakarKomunikasi.com.https://pakarkomunikasi.com/teori-representasi-dalam-komunikasi-visual.(29 Mei 2020)

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/10/pengertian-film-sejarah-fungsi- jenis-unsur.html ( 21 Januari 2020).

Husnun. “Film Sebagai Bagian Media Massa”, Caknun Arema.com. https://husnun.wordpress.com/2011/04/27/film-sebagai-bagian–dari-media-massa/ (27 September 2019).

Maghfiro, Neneng. “Bolehkah Pindah Agama Demi Pernikahan”, Islami.co.

https://islami.co/bolehkah-pindah-agama-demi-pernikahan/ (7 Mei 2020).

Muammaroh, Jamiatul. “Jangan Pelit Dalam Membagikan Ilmu”, Rancah.com.

https://www.rancah.com/uncategorized/17651/janganlah-pelit-dalam-membagikan-ilmu/ (9 Mei 2020).

Sartika, Elita. Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul Kita

Versus Korupsi. Ilmu Komunikasi. https://ejournal.ilkom.fisip- unmul.ac.id/site/?p=1335 (29 Oktober 2019).

Tuasikal, Muhammad Abduh. “Keutamaan Kalimat Laa Ilaha Illallah”, Rumaysho.com. https://rumaysho.com/643-keutamaan-qkalimat-laa-ilaha-illallahq.html#. ( 17Mei2020)

Published
2020-09-30
Section
Vol.1 No.3 September 2020
Abstract viewed = 766 times