ATRIBUSI MASYARAKAT PELOSOK TERHADAP PROGRAM PEGAWAI NUSANTARA SEHAT DI DESA KAHAYYA KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA

  • ANDI WIDYA NINGSI Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • ASNI DJAMERENG Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • SURYANI MUSI Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Does this study aim to determine the attributions of remote communities to the Healthy Nusantara Employees program? And how is the interpersonal communication interaction between Nusantara Sehat employees in an effort to improve the health of remote communities in Kahayya Village, Kindang District, Bulukumba Regency? This type of research is descriptive and uses qualitative research methods and uses several informants to conduct interviews and observations. This method is used in extracting information, namely the researcher goes directly to the field to conduct observation interviews and documentation. The results showed that the role of Nusantara Sehat employees in carrying out their work programs at Kahayya Village was to act as a motivator, as a mentor for the community (facilitator), and as an educator. And the community's attribution of the Healthy Nusantara Employees program in Kahayya Village is influenced by several causes, namely: situational causes (influenced by their environment), personal influence, having women, having desires and obligations. As well as in building an interpersonal relationship, Nusantara Sehat employees use an intense approach, namely an interpersonal communication approach in the form of a trusting attitude, an open attitude, and a supportive attitude.

References

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif Komunikasi Ekonomi Kebijakan Publik dan Ilmu sosial Lainnya. Jakarta:Kencana Prenada, 2012.

Budirto,Kualitas Pelayanan KesehatanPuskesmas di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Makassar, Fak Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,UNHAS, 2015.

Budayatna, Muhammad. Tori Komunikasi AntarPribadi. Jakarta:Prenada Mediagroup,2015.

Cangara,Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:Rajagrafindo Persada,2015.

Devito, Joseph A. Komunikasi Antarmausia, Tanggerang: Karisma Publishing Group,2011.

Faisal, Sanapiah,Format-Format Penelitan Sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,2008.

Heider, Frizt,The Psychology Of Relation, Wiley, New York, 1958. dalam Morissan.Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenada media Group ,2013.

Harapan,Edi. dkk. Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta:Rajagrapindo Persada,2016.

Indra, Muh Ridwan S. Atribusi siswa SMA Negeri 8 Makassar dalam Media Sosial Instagram. Gowa, 2016.

Kriyantono,Rachmat.Teori-Teori Public Relation Perspektif Barat &Lokal. cet.2; Jakarta: Kencana,2017.

Littlejohn Stephen W. & Keren A. Foss,Teori Komunikasi .cet.1; Jakarta: Kencana, 2016.

Lauer Robert H,Persfektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta:PT.Rineka Cipta,2013.

Morissa. Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta:Prenada Mediagroup,2015

Mugiarjo, “Atribusi Komunikasi Dalam Keterbukaan Diri Orang dengan Hiv/Aids (ODHA) kepada Kerabat Dekat”.Skripsi Yogyakarta: Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga ,2017.

Meinarno,Sarlito W Sarwono, Eko A.Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika,2009.

Moleong,Lexy.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Purwatiningsih, Rahayu,.Persepsi Masyarakat mengenai Peranan Puskesmas Jatinom dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Krajan Kecematan Jatinom Kabupaten Klaten .Surakarta, 2008.

Pesireron, Semy. Pengaruh Keterampilan Jobb stress dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Auditor Inspektorat(Study Empiris pada Inspektorat Kabupaten Seram bagian Timur dan Kabupaten Maluku Tengah).Jurnal Meneksi, Vol 5, No.1, 2016.

Peraturan Pemerintah republik In-JDH Kemenkeu. “Undang Nomor 25 pasal 1 ayat 1 tentang pelayanan public” .www. jdih.kemenkeu.go.id 22 November 2019.

Program Nusantara Sehat untuk Perkuat Pelayanan Kesehatan.www.depkes.go.id 23 November 2019.

Panji Anorogo, Psikologi Dalam Perusahaan, Jakarta:Rineka Cipta,1993

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi .Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Salisah ,Nikmah Hadiati. Psikologi Komunikasi ,http//diglib.uinsby.ac.id 6 Desember 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Cet. 28; Bandung Alfabeta,2018.

Simanjuntak, Ardi Taufik dkk. Efektifitas Program Nusantara Sehat pada Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung beringin Kabupaten Serdang Bedagai, Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya , vol 4, no.1 2018.

Sumantri, Arif.Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Kencana, 2011.

Silalahi,Ulber. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung:PT Rafika Aditama,2015.

Sugiyono,Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta,2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Elfabeta, 2007 .

Susatyo,Herlambang,Kualitas Pelayanan Publik., Gosyen Publishing, 2016.

Sejarah singkat Desa Kahayya,http://desakahayya.id/p/menurut-sejarah-yang-berkembeng-wilayah.html 30 april 2020.

Tawil,Mohammad Yusuf dkk. “Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Dirumah Sakit Umum Daerahkota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara” .https//www.neliti.com 22 november 2019.

Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang kesehatan Pasal 1 ayat 1.

Wulansari, Riska. Pengaruh Sanksi Denda Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Sikap Rasional dan Pelayanan Fiskus Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Kota Parepere. Skripsi Makassar, Fak.Ekonomi dan Bisnis, UNHAS, 2017.

www. Jogloabang, UU 36 tahun 2004 tentang tenaga kesehatan 2019.

www. Jdih .setjen.kemendagri.go.id.

Published
2020-09-30
Section
Vol.1 No.3 September 2020
Abstract viewed = 482 times