EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LENTERA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penggunaan Lentera terhadap tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar dan (2) untuk mengetahui faktor penghambat saat menggunakan Lentera terhadap tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dengan skala efektivitas penggunaan media dan tingkat pemahaman. Setelah melakukan uji rumus Slovin, ada 77 sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan ke responden melalui google form dan dokumentasi. Adapun Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu daya deskriminasi item, uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan ialah menggunakan teknik analis korelasi, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis lalu penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif efektivitas penggunaan Lentera terhadap tingkat pemahaman mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Adapun besar tingkat efektivitas, r square = 0,444 atau 44,4%. Nilai tersebut berada pada nilai 0,400 – 0,599 yang artinya masuk dalam kategori sedang. Sisanya 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan uji hipottesis menggunakan uji t, thitung 7,736 > ttabel,665 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.Beberapa hal yang menjadi hambatan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran dengan Lentera diantaranya, informasi yang disajikan tidak mudah dipahami sehingga mempengaruhi mahasiswa dalam penguasaan materi, semangat dalam menyelesaikan tugas yang disebabkan kurangnya motivasi yang diberikan dan efisiensi waktu dalam penggunaan Lentera.
Implikasi penelitian (1) Diharapkan lentera agar terus di upgrade untuk memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengakses media tersebut. Hal ini mengingat banyak nya fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut, sementara banyak diantara mahasiswa maupun dosen belum memahami cara penggunaan nya, (2) Keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring dengan memanfaatkan platform lentera dapat mendorong eksistensi aplikasi lentera sebagai media pembelajaran UIN Alauddin Makassar dan (3) Penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan mahasiswa kedepannya ketika ingin melakukan penelitian berkaitan dengan Aplikasi Lentera.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.