ATRIBUSI REMAJA BERMAIN GAME PUBG MOBILE (PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE) DI WARKOP 157 KOTA MAKASSAR
Abstract
Melihat fenomena game online yang saat ini sangat populer dengan penyelenggaraan tournament khususnya PUBG Mobile membuat keberadaan game online bukan hanya sebagai hiburan semata melainkan adanya peluang untuk berprestasi. Kecenderungan motif yang belum diketahui dalam dalam memainkan game PUBG Mobile membuat penelitian ini penting untuk dilakukan Anggapan remaja terhadap perilakunya, bagaimana remaja dalam mengatribusi dirinya serta bagaimana komunikasi interpersonal remaja dalam bermain game pubg mobile menjadi ruang lingkup dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif remaja dalam mengatribusi dirinya terkait perilakunya dalam bermain game PUBG Mobile serta komunikasi interpersonal yang terjalin saat bermain game PUBG Mobile.Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Teori yang digunakan yakni teori atribusi dan komunikasi antarpribadi serta teknik pengolaan dan analisis data dilakukan menggunaan analisis dari Miles dan Huberman dengan model tahapan sebagai berikut: Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing and Verification
Hasil dari peititan ini mengindikasikan bahwa motif remaja Kota Makassar di warkop 157 terhadap perilakunya dalam bermain game PUBG Mobile lebih mengarah kepada atribusi disposisional sebagai bentuk pembenaran atau defense bahwa tidak ada pengaruh ketergantungan terhadap perilakunya. Peneliti melihat hal tersebut dari: Penyebab situasional (individu dipengaruhi oleh lingkngannya) yaitu perilaku dipengaruhi oleh lingkungan termaksud perilaku bermain game PUBG Mobile dan anggapan terhadap perilaku individu, kemudian adanya pengaruh personal (ingin memengaruhi secara pribadi) proses atribusi cenderung dipengaruhi oleh faktor disposisional dalam penentuan sikap untuk melakukan penilaian terhadap perilakunya dalam bermain game, serta meiliki keinginan (ingin melakukan sesuatu) dalam hal ini keinginan dalam mencaritahu sebab dari perilaku. Adapun interaksi interpersonal remaja dalam bermain PUBG Mobile terjadi dalam konteks : Psikologi, pengomunikasian kondisi psikologi remaja yang terkait nilai-nilai, kepribadian sampai dengan hal-hal yang menyangkut pribadi dari remaja, Relasional, interaksi yang terjadi sampai kepada keintiman pembicaraan melalui faktor relasional yang menjembatangi hal tersebut, serta konteks Situasional, proses komunikasi yang terjadi dengan adanya atau diperhadapkan dalam situasi dan kondisi yang sama sehingga terjalin komunikasi yang sangat personal.
References
Agus Salim, Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Skripsi, , Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2016
Cangara Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016
Dr. Edi Harapan. Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Cet.2 Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2016
Hutagalung Inge. Teori-Teori Komuikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Cet 2. Jakarta: PT. INDEKS Permata puri Media, 2018.
Husaini Usman, Purnomo Setiady Akbar, Metodeologi Penelitian Sosial. Cet. I; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2008.
Jalalludin Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi, PT . Remaja Rosdakarya, Bandung. 2004.
John W. CRESWELL. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Cet. II ; Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2017.
Kriyantono Rachmat, Teori Public Relation Perspektif Barat & Local. Jakarta : Kencana. 2014.
Morissan, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada media Grup. 2013.
Muh.Ridwan S. Indra, Atribusi Siswa SMA Negeri 8 Makassar Dalam Media Sosial Instagram,Skripsi, 2016, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Nuruddin, Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007
Pujileksono Sugeng, Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jatim: Kelompok Intras Publishing, 2015.
Sugiyono . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta, 2011.
Stanley J. Baran, Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga, 2008
W. Littlejohn, Stephen dan Keren A. Foss,Teori Komunikasi, cet.1; Jakarta : Kencana, 2016
Media Daring
Agus Tri Haryanto, Ada Enam Game yang Dipertandingkan Cabang E-Sport SEA Games 2019. detikinet. 21 Desember 2018. https://inet.detik.com/games-news/d-4354211/ada-enam-game-yang-dipertandingkan-cabang-esport-sea-games-2019. ( 17 Desember 2019 )
Agus Tri Haryanto, Ada Enam Game yang Dipertandingkan Cabang E-Sport SEA Games 2019. detikinet. 21 Desember 2018. https://inet.detik.com/games-news/d-4354211/ada-enam-game-yang-dipertandingkan-cabang-esport-sea-games-2019. (17 Desember 2019
Candra Isriadhi, Resmi Dijadikan Cabang Olahraga Asian Games 2018, E-Sport Hanya Sebagai Ajang Eksibisi.TribunStyle.com. 19Agustus2018. https://style.tribunnews.com/2018/08/19/resmi-dijadikan-cabang-olahraga-asian-games-2018-esport-hanya-sebagai-ajang-eksibisi 17 Desember 2019
Dailyspin.id.Ini Jadwal, Format, dan Kumpulan Tim di PMGC 2020 Season 0!. 15 November 2020. https://dailyspin.id/esports/pubg-mobile/ini-jadwal-format-dan-kumpulan-tim-di-pmgc-2020-season-0/ 15 November 2020
Iskandar Zulkarnain & Sondang Mariana, Proses Komunikasi Pasangan Tunanetra Pemijat dalam Membina Keluarga Harmonis, Analityca Islamica, Volume 3. No. 2 2014
Ferril Dennys, PUBG Mobile Tembus 100 Juta Pengguna Aktif, Indonesiadi Urutan Kedua.KOMPAS.COM.25Mei2019.https://bola.kompas.com/read/2019/05/25/14193398/pubg-mobile-tembus-100-juta-pengguna-aktif-indonesia-di-urutan-kedua 13 November 2020.
Meni Handayani, Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dan Anak, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, Vol. 12. No. 1 2017
O. Hasbiansyah. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, Vol. 9 No.1 2008
Semy Pesireron, Pengaruh Keterampilan Jobb stress dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Auditor Inspektorat(Study Empiris pada Inspektorat Kabupaten Seram bagian Timur dan Kabupaten Maluku Tengah), Jurnal Meneksi, Vol 5, No. 1, 2016
Yuli Darwati, Keterlambatan Mahasiswa Ditinjau dari Teori Atribusi dari Weiner ( Upaya Untuk Mencari Solusi atas Keterlabatan Mahasiswa dalam Studi di Prodi Psikologi Islam STAIN Kediri) , Jurnal Meneksi, Vol 9, No. 1, 2015
Samsuar, MA, Atribusi , Jurnal Network Media, Vol 2, No. 1, 2019
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.