PERAN DAKWAH DALAM MENANAMKAN AJARAN-AJARAN ISLAM DI KELURAHAN SI BATUA KEC. PANGKAJENE KAB.PANGKEP

  • MUH. YUSUF MUBARAK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • MULIATY AMIN Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • MUH. ALAMSYAH Komunikasi Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah Peran Dakwah Dalam Menanamkan Ajaran-Ajaran Islam Di Kelurahan Sibatua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep? Pokok masalah tersebut dibagi kedalam beberapa submasalah, yaitu  1) Materi-materi apa yang disampaikan pada masyarakat di Kelurahan Sibatua Kecamatan. Pangkaje’ne Kab. Pangkep? 2) Bagaimana penerapan metode dakwah pada masyarakat di Kelurahan Sibatua Kec. Pangkaje’ne Kab. Pangkep? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendektan penelitian yang digunakan adalah: pendekatan komunikasi dan pendekatan agama (religi). Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh agama, masyarakat, imam mesjid di kelurahan sibatua. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penulusuran referensi. Lalu, teknik pengolahaan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa materi dakwah terbagi atas beberapa bagian yaitu Aqidah,Syariah,Muamalah dan Ahlak. Yang dimana hal ini biasanya dilakukan oleh masyarakat umum bahkan juga masyarakat menggunakan metode Bil-Hikmah, Dakwah Al Mu’idhah Al-Hasanah, Mujadalah. Bahkan dakwah dapat diartikan proses penyampain, ajakan atau seruan kepada orang lain atau kepada masyarakat agar mau memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama secara sadar, sehingga membangkitkan dan mengembalikan potensi fitri orang itu dan dapat hiduo bahagia dan didunia dan akhirat.

 

Implikasi dari penelitian adalah: 1) Implikasi teoritis penelitian ini diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam bidang keilmuan, khususnya mampu meberikan pemahaman metode dakwah dan materi dakwah kepada masyarakat Kelurahan Sibatuakecamatan pangkajene Kabupaten Pangkep tetang pentingnya berdakwah. 2) Implikasi praktis pada penelitian ini adalah untuk sebagai bahan informasi bagi pembaca, acuan atau referensi penelitian yang berkaitan sebagai ragam penelitian antara ilmu komunikasi dan ilmu dakwah serta referensi bagi dai di Kelurahan Sibatuakecamatan pankajene Kabupaten Pangkep

 

 

 

Published
2022-02-21
Section
Vol.2 No.4 Desember 2021
Abstract viewed = 230 times