STRATEGI ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI ANAK YANG MALAS BELAJAR DI KELURAHAN TAMARUNANG KECAMATAN SOMBAOPU KABUPATEN GOWA
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan menunjukkan bahwa strategi orang
tua dalam memotivasi anak yang malas belajar di Kelurahan Tamarunang Kecamatan
Somba Opu Kabupaten Gowa adalah mendorong si anak agar lebih giat belajar,
memberikan perhatian dan kasih sayang, memberikan nasihat memberikan hadiah dan
memberikannya hukuman. Hambatan yang dihadapi orang tua dalam memotivasi anak
yang malas belajar di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten
Gowa adalah pengaruh lingkungan (teman bermain), tidak mendengar, lebih senang
bermain di luar, pengaruh handphone,kurangnya waktu bersama anak.
References
Petersen, Lindy, Bagaimana Memotivasi Anak Belajar Jakarta: PT Gramedia
Widiasarana, Jakarta, 2004.
Adhim, Mohammad Fauzil, Membuat Anak Gila Membaca (Bandung: PT Mizan
pustaka, 2004).
Ningrum, Lilia Kusuma, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan, Skirpsi,
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agaama Islam Negeri (IAIN)
Metro 2019.
Jimmi, Viktor, Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah
Dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang 2017.
Jalaluddin, Psikologi Agama Jakarta: Rajawali Press, 2012.
Daradjat Zakiah, dkk, (Islam Untuk Disisplin Ilmu Pendidikan, Jakarta: Bulan
Bintang, 1987.
Trinurmi , Sitti, Hubungan Peranan Ayah dalam Perkembangan Motorik Anak Usia
Pra Sekolah Cet, I; Makassar : Alauddin University Press, 2014.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi ,Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 2006
Bimo Walgito, Bimbingan Penyuluhan di Sekolah Ed. IV (Cet. II; Yogyakarta: PT.
Andi Offset, 1993.
W.A Gerungan, psikologi sosial Cet, II; Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.
Mufidah, Psokologi Keluarga Islam Berwawasan Gender , malang: UIN Malang Press,
Wugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D Cet. XXV; Bandung:
Alfabeta, 2017.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.