PERAN AKUN INSTAGRAM @URBANATIONS SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI KOMUNITAS SCOOTER MAKASSAR @SANTAIRINGAN

  • ANDI DWIAN MULYADARMA Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • SUF KASMAN Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • SITTI AISYAH BM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana peran media sosial Instagram @Urbanations dalam menyediakan informasi bagi komunitas Scooter Makassar @Santairingan. Penelitian ini memecah permasalahan menjadi beberapa sub-masalah, yaitu: 1) Bagaimana penggunaan akun Instagram @urbanation sebagai sumber informasi bagi Komunitas Scooter Makassar @Santairingan? 2) Bagaimana kontribusi media sosial Instagram @urbanation dalam menyediakan informasi kepada Komunitas Scooter Makassar @Santairingan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berdasarkan pada observasi dan pengumpulan fakta-fakta sosial yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Penggunaan akun @Urbanation oleh komunitas scooter Santai Ringan Makassar memiliki peranan kunci dalam membangun ikatan sosial dan melestarikan tradisi scooter klasik. Rekomendasi pribadi dan konten informatif dari akun tersebut menarik pengikutnya, menjadikannya sebagai sumber utama informasi tentang perawatan, suku cadang, dan acara komunitas. Selain itu, akun ini mendorong partisipasi aktif, memberikan panduan praktis, dan memiliki peran signifikan dalam mendukung pemeliharaan scooter serta keberlanjutan komunitas di era digital. 2) Akun ini berfungsi sebagai sumber informasi utama mengenai scooter bagi para pengikutnya, yang bertindak sebagai pemelihara tradisi dalam komunitas. Akun Instagram @Urbanation juga berperan sebagai sumber informasi berkala mengenai perawatan, memberikan tips, dan informasi mengenai suku cadang langka. Selain itu, @Urbanation juga menjadi sumber informasi mengenai acara komunitas, membantu dalam penyebaran informasi tentang kegiatan-kegiatan komunitas scooter. Melalui penelitian ini, penulis menyarankan agar Akun @Urbanation mempertimbangkan untuk mengembangkan konten edukatif yang lebih rinci, seperti tutorial perbaikan, guna membantu pemilik scooter merawat kendaraan mereka dengan lebih baik

Published
2023-12-31
Section
Vol.4 No.4 Desember 2023
Abstract viewed = 80 times