Bimbingan Orang Tua Berbasis Family Resilience Untuk Meningkatkan Minat Baca Al-Qur'an Pada Anak Di Desa Latimojong
Abstrak
Bimbingan orang tua berbasis family resilience merupakan konsep yang releven dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin meningkatkan family resilience pada keluarga dalam mendidik dan mengembangkan kekuatan produktif secara sehat dalam setiap adaptasi pada lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Dengan hasil penelitian bimbingan orang tua berbasis family resilience menemukan pola dalam mendidik anak seperti memberikan arahan, memberikan contoh atau teladan, menunjukkan kebiasaan dan kebutuhan anak dalam membaca Al-Qur’an, memberikan pemahaman terhadap pentingnya membaca Al-Qur’an, komunikasi yang baik terhadap anak.
Kata Kunci: Bimbingan Orang tua, Family Resilience, Minat Baca Al-Qur’an
Referensi
Cicchetti, D. and Toth, S. Perspectives on Research and Practice in Developmental Psychopathology in Handbook of Child Psychology 1998 Vol. 4. Child Psychology in Practice (5th ed.) edited by W. Damon, I.E. Siegel and K.A. Renninger. New York: John Wiley & Sons.
Cowan, P., Cowan, C. and Schulz, M. (1996). Thinking about Risk and Resilience in Families in Stress, Coping, and Resiliency in Children and Families. edited by E.M. Hetherington and E.A Blechman. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.
Galuh Wicaksana, Buat Anakmu Gila Baca, (Yogyakarta: Buku Biru, 2014).
Hawley, D.R. and DeHaan, L.G. (1996). Toward a Definition of Family Resilience: Integrating Life-Span and Family Perspectives. Family Process, 35(3).
Joan B. Simon, John J. Murphy, Shelia M. Smith, Understanding and Fostering Family Resilience, The Family Journal: Counseling And Therapy For Couples And Families, Vol. 13 No. 4, October 2005.
Kathleen Tusaie & Janyce Dyer, Resilience: A Historical Review of the construct, Holistic Nursing Practice 18(1):3-8, January/February 2004.
M. Quraish Shahib, Wawasaan Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 2016)
M. Sayuti Ali, Metodologi Penelitian Agama, Pendekatan Teori dan Praktek, Cet. IV; (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017).
M. Sayuti Ali, Metodologi Penelitian Agama, Pendekatan Teori dan Praktek, Cet IV Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
Manna Khalil Al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, (Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2015).
Masten, A.S. and Coatsworth, J.D. (1998). The Development of Competence in Favorable and Unfavorable Environments: Lessons from Research on Successful Children. American Psychologist, 53.
Miles M.H. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. 2014.
Ms, Orang tua di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 15 Agustus 2023.
NA, Anak-anak di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 16 Agustus 2023.
Rita Nasrallah, Learning Outcomes Role in Higher Education Teaching, Emerald Group Publishing Limited: Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues Vol. 7 No 4 2014.
Rolf, J.E. and Johnson, J.L, Opening Doors to Resilience Intervention for Prevention Research in Resilience and Development: Positive Life Adaptations edited by M.D. Glantz and J.L. Johnson. New York: Kluwer Academic/Plenum Publishers. 1999.
Sm, Orang tua di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 16 Agustus 2023.
Ss, Anak-anak di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 16 Agustus 2023.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2012.
Suzanne Hidi, Interest: A Unique Motivational Variabel, Educational Research Review 1 2006 69-82 ELSEVIER.
Yn, Remaja di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 15 Agustus 2023.
Zl, Orang tua di desa Latimojong kecamatan Buntu Batu kabupaten Enrekang, wawancara oleh peneliti di Enrekang, 16 Agustus 2023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##