Penerimaan Diri Mahasiswa Introvert Di Media Sosial Instagram

  • Nurul Fajrianti Darwis Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin, Makassar
    (ID)
  • Rahmawati Latief Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Firdaus Muhammad Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin, Makassar.
    (ID)
Kata Kunci: Mahasiswa, Introvert, Media Sosial, Instagram

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penerimaan diri mahasiswa introvert pada media sosial Instagram dan hambatan atau kendala yang dihadapi mahasiswa introvert dalam membangun proses penerimaan diri melalui media sosial Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin angkatan 2020 yang dipilih berdasarkan teknik purpose sampling, sehingga peneliti memperoleh lima orang yaitu Nursyahbani Tri Sulistiyawati Amar, Tifani Amalia, A. Muh. Fadlial Mushahif, Candra Nugraha, dan Sumarni. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh bentuk penerimaan diri mahasiswa introvert di Instagram yaitu penggunaan Instagram untuk mengekspresikan perasaan dan pengalaman, kepercayaan diri dalam ekspresi visual terhadap filter Instagram, ekspresi emosi secara tersirat, ekspresi kreativitas sebagai cerminan diri, ekspresi kebersamaan melalui konten Instagram, ekspresi diri melalui konten komedi, dan ekspresif terhadap konten followers dan following di Instagram. Kemudian ditemukan adanya lima hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa introvert di media sosial Instagram yakni perbandingan sosial, keraguan dalam mengekspresikan diri, oversharing, komentar negatif, dan pertimbangan dalam mengungkapkan diri di Instagram.

 

Referensi

Ainia, Nur. (2023). Konsep Diri dan Self Acceptance Pada Perempuan (Studi Fenomenologi Pada Kampanye #ImPerfectBeauty by Elsheskin. Jurnal Commercium, 7 (2), 17-27. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55703

Maharani. D dan Adriansyah, M.A. (2021). Hubungan Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Adaptasi Sosial Pada Anak yang Menjadi Korban Perceraian Orang Tua. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (4), 909-920.

http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6872

Meilana, M.S. (2021). Media Sosial Bagi Penerimaan Diri, Harga Diri dan Kebahagiaan Remaja: Apakah Akan Merusak atau Membangun?. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4 (2), 132-143.

https://doi.org/10.51212/sel.v4i2.72

Salsabilla, S.S., dan Maryatmi, A.S. (2023). Hubungan Antara Self Esteem dan Self Acceptance Dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Putri Di SMA BPS&K 1 Jakarta. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v3i1.2137

Wijaya, T.A., Yaslim, N.P., Permatasari, A.M.P., Yosevina, G.R., dan Mamahit, H. C. (2023). Penerimaan Diri Generasi Z Di Era Perkembangan Media Sosial. Jurnal Psiko Edukasi, 21 (1), 41-49. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4575

Diterbitkan
2024-12-09
Abstrak viewed = 26 times