Efektivitas Media Booklet “Gercep Kebumi” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Gempa Bumi Pada Siswa-Siswi SD Negeri 2 Baruga di Kota Kendari
Abstract
Minimnya mitigasi bencana khususnya di daerah Sulawesi menyebabkan kurangnya kesiapsiagaan tanggap bencana alam. Pada umumnya siswa-siswi sekolah dasar masih kurang diberikan pengetahuan mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana alam khusunya gempa bumi. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian edukasi kesiapsiagaan tanggap bencana gempa bumi melalui media Booklet “Gercep Kebumi” terhadap siswa-siswi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5 yang bersekolah di SD Negeri 2 Baruga dengan jumlah sebanyak 115 siswa, sampel dalam penelian ini berjumlah 89 orang dengan teknik pengambilan sampel Simple random sampling. Analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian berdasarkan pengetahuan siswa menunjukan bahwa t hitung -13,56 dan p=0,000, atau p value <0,05, artinya ada perbedaan yang bermakna sebelum dan sesudah pemberian Media Booklet “Gercep Kebumi” dengan pengetahuan siswa. Sedangkan berdasarkan sikap menunjukan bahwa t hitung -12,59 dan p= 0,000, atau p value <0,05, artinya ada perbedaan yang bermakna sebelum dan sesudah pemberian Media Booklet “Gercep Kebumi dengan sikap siswa. Sehingga pada variabel pengetahuan dan sikap keduanya ada pengaruh yang terjadi.
Downloads
References
Rusiyah, 2017. Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bonebolango. Jurnal Swarnabhumi Vol. 2, No. 1, Februari 2017;
Lira Nursiah, 2017. “Analisis Parameter Seismik Gempabumi Wilayah Lengan Timur Sulawesi Dengan Metode Empiris”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Badan Klimatogoli dan Geofisika (BMKG), 2018. Data Intensitas Radiasi Matahari. Stasiun Klimatologi Klas I Kendari
Chrisantum A. Pramesti. (2011). Kesiapsiagaan Masyarakat di Kawasan Teluk Pelabuhan Ratu terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 22 No. 22, Agustus 2011
Tian Havwina et.al. 2016. Pengaruh Pengalaman Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ancaman Gempabumi Dan Sma Negeri Siaga Bencana Kota Banda Aceh). Jurnal Pendidikan Geografi. Vol.16 No.2 Oktober 2016
David Rizaldy, 2018. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah-Sekolah Di Indonesia Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Siap Siaga. Universitas Andalas Padang
Marsiatun. 2016. “Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Melalui Media Poster Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi. Uneversitas Negeri Semarang.
Zulaekah Siti. 2012. Pendidikan Gizi Dengan Media Booklet Terhadap penegatuhan Gizi. Kemas, 7 (2): 102-107
Nana Syaodih, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya;
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sunaryo, 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC Tsunami
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work.