UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KKM 2 SAMBAS

  • Arnadi Arnadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
    (ID)

Abstract

Perubahan kurikulum bagi guru menjadi dilema besar. Akhirnya, untuk mengatasi hal tersebut, maka ada upaya bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 tersebut, termasuk yang terjadi di madrasah Se-KKM Sambas. Tujuan penelitian antara lain; 1) mendeskripsikan Upaya Guru PAI membuat perencanaan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada Madrasah Ibtidaiyah KKM Sambas, 2) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sambas, 3) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam melakukan evaluasi kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sambas.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian bahwa; upaya Guru PAI membuat perencanaan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM Kabupaten Sambas, terdiri dari: a) Perencanaan yang dibuat oleh guru PAI Se-KKM Sambas, baik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus sesuai dengan pedoman Sisdiknas; b) Silabus dan RPP yang dibuat sebagai dasar pengimplementasian kurikulum untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran sehingga metode, strategi dalam pembelajaran digunakan secara bervariasi. Kedua, upaya Guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sambas, terdiri dari: a) Guru PAI Se-KKM Sambas dalam melaksanakan kurikulum 2013, karena sudah terbiasa dengan Kurikulum KTSP, sehingga orientasi kurikulum 2013, masih terbawa arus oleh kurikulum KTSP; b) Guru PAI Se-KKM Sambas terbiasa sudah lama mengajar dan sudah hapal dengan materi kurikulum KTSP, sehingga pembawaan perubahan kurikulum KTSP menjadi 2013, hanya sedikit mengalami perubahan. Ketiga, upaya Guru PAI dalam melakukan evaluasi kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sambas, terdiri dari: a) Guru PAI Se-KKM Sambas untuk melihat keberhasilan siswa pada setiap mata pelajaran maka menggunakan penilaian formatif; b) Guru PAI Se-KKM Sambas untuk melihat keberhasilan siswa, ketika mata pelajaran sudah selesai semua dan mengikuti ulangan umum sesuai jadwal dari kalender sekolah, maka melakukan penilaian sumatif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi Hasan, dkk. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Basuki. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Dengan Pelabelan Objek Sekitar (POS) Untuk Murid Taman Kanak-Kanak . Deepublish.

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.

Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Syiah Kuala University Press.

Marwiyah, Alauddin, & Ummah, Muh. K. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish.

Matthew B. Miles A Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publication.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosda Karya.

Nurhadi. (2019). Paradigma Islamisasi dan Integralisme Pendidikan Islam (Analisis Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Islam Terpadu). FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 92–109.

Nurzaelani, M. M. (2017). Desain Kurikulum Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif. Teknologi Pendidikan, 6(2), 86–100.

Putra, P. (2017). Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Min Se-Kabupaten Sambas. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.22

Putra, P., & Idawati, I. (2018). Telaah Kurikulum dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 108–119. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1645

Sardjo, S., Darmajanti, L., & Boediono, K. C. (2016). Implementasi Model Evaluasi Formatif Program Pembangunan Sosial (EFPPS): Partisipasi Multipihak dalam Evaluasi Program. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Srifiliani, D. (2015). Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif. http://dwisrifiliani123.blogspot.com/2015/03/perbedaan-evaluasi-formatif-dan.html

Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Uwais Inspirasi Indonesia.

Suryadi, R. A., & Mushlih, A. (2019). Desain Dan Perencanaan Pembelajaran. Deepublish.

Syafredi, K. (2018). Kumpulan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 fisika dan prakarya. CV Jejak (Jejak Publisher).

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). 10 No. 2, 231–242.

Wawancara dengan Guru Se-KKM Sambas. (2020, Juli). Upaya Guru Se-KKM Sambas dalam Pengimplementasikan Kurikulum 2013 [Komunikasi pribadi].

Wawancara dengan Kepala Sekolah Se-KKM Sambas. (2020, Juli). Upaya Guru Se-KKM Sambas dalam Pengimplementasikan Kurikulum 2013 [Komunikasi pribadi].

Published
2022-01-17
How to Cite
Arnadi, A. (2022) “UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KKM 2 SAMBAS”, Inspiratif Pendidikan, 10(2), pp. 247-256. doi: 10.24252/ip.v10i2.18571.
Abstract viewed = 313 times