Analasis Perkembangan Peserta Didik dengan Pendekatan TARL di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi analisis perkembangan peserta didik dengan pendekatan TaRL di sekolah dasar. TaRL adalah pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan materi pembelajaran dengan tingkat pemahaman individu peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen atau literatur. Pendekatan kualitatif menekankan pada pemahaman mendalam atas fenomena yang diteliti. Analisis data dilakukan dengan studi literatur yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai dokumen tertulis, seperti artikel jurnal, buku, laporan, dan dokumen resmi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa analisis perkembangan peserta didik dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di sekolah dasar menunjukkan dampak positif metode ini terhadap perkembangan peserta didik. Implementasi TaRL di sekolah dasar menjadi strategi yang berpotensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan peserta didik yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan.
Downloads
References
Alfindo, A. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Masyarakat. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 242-251. http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4427
Anisah, A. S., Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69-80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262
Azmi, D. N., Mahardika, I. K., Mutmainah, N., & Lestari, P. (2023). Pengertian perkembangan dan pertumbuhan anak usia SMP ditinjau dari pemahamannya terhadap pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27171-27176. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11021
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212
Fatimah, F., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu connected terhadap pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 110-120. https://doi.org/10.37150/perseda.v6i2.2030
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Hidayah, F., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942-7956. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5783
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level (Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984-1994. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 95-106. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12263
Mukholadun, W., & Aliyyah, R. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pengelolaan Dinamika Kelompok pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 144-159. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11610
Nahdiyah, A. C. F. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/56092/26506
Nisa, Z. R. K., Anindya, A. B., & Gera, I. G. (2023). Analisis Perkembangan Kognitif Bahasa pada Peserta Didik Sekolah Dasar Menurut Teori Jean Piaget. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(6), 2391-2401. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/530
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Sanisah, S., Edi, E., Darmurtika, L. A., & Arif, A. (2023). Pendampingan implementasi pendekatan TaRL (teaching at the right level) untuk meningkatkkan kemampuan literasi murid. JCES (Journal of Character Education Society), 6(2), 440-453. https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.14572
Sari, N., Suryani, D., Fajari, L. E. W., & Rini, R. Y. (2023). Komunikasi Dengan Pendekatan HOTs Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Pada Abad 21. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76438
Suhailah, N., Armanila, A., Afifah, A., Azrina, N., & Aulia, S. R. (2023). Peningkatan Administrasi Pendidikan dalam PGPAUD: Studi Kasus Implementasi Teknologi Informasi di Sekolah PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22364-22369. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10096