Pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Cause Branding dan Venture Philanthrophy terhadap Profitabilitas Bank Syariah

  • Ahmad Zainul Arifin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstrak

Profitabilitas bank syariah yang cenderung menurun dari tahun 2010 hingga 2014 mengindikasikan manajemen untuk mengevaluasi dan menentukan langkah strategis termasuk dalam pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai salah satu faktor determinannya. Pelaksanaan fungsi sosial dan fungsi edukasi diasosiasikan sebagai CSR bank syariah. Penelitian ini menganalisis dan membahas kinerja CSR dengan cause branding dan venture philanthropy melalui fungsi sosial dan fungsi edukasi serta profitabilitas bank syariah dari tahun 2010 hingga 2015 dan terutama pengaruh kedua fungsi tersebut terhadap profitabilitas.

Data diambil dari laporan keuangan tahunan 6 Bank Umum Syariah (BUS) selama 6 tahun (2010-2015). Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Rasio Pelaksanaan Fungsi Sosial (RPFS) dan Rasio Edukasi sebagai variabel independen diuji pengaruhnya terhadap Return on Asset (ROA) sebagai variabel dependen setelah sebelumnya dilakukan analisis deskriptif pada masing-masing variabel tersebut.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR melalui fungsi sosial sudah maksimal sementara fungsi edukasi dan profitabilitas bank syariah masih perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, fungsi sosial dan fungsi edukasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas bank syariah.

Kata Kunci:  Cause Branding, Venture Philanthropy, Fungsi Sosial, Fungsi Edukasi, Profitabilitas, Bank Syariah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2017-08-25
Bagian
Volume 3 Nomor 1 (2017)
Abstrak viewed = 705 times