Pemberdayaan Santripreneur di Pesantren: Kajian Kepemimpinan Perempuan (Nyai) dalam Meningkatkan Keterlibatan Santriwati dalam Berwirausaha
Abstrak
Pesantren pada dasarnya adalah sebuah lembaga yang memainkan peran yang sangat penting dalam era globalisasi yaitu membentuk kepribadian seseorang. Pendidikan karakter dalam era Globalisasi sekarang ini sangat memerlukan pendidikan karakter, karena tujuan dari pendidikan karakter ialah untuk memperluas kecerdasan spiritual. Tantangan terbesar dalam menghadapi globalisasi dan modernisasi dimana pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi di dalam kehidupan telah berubah dalam segala hal, terutama sosial dan sosial budaya yang sangat cepat dan mendasar dalam setiap aspek kehidupan. Pesantren harus dapat mewujudkan manusia yang IMTAQ (beriman dan bertaqwa), yang berilmu dan beramal serta membentuk manusia modern yang peka terhadap realitas sosial kekinian sebagaimana ”al muhafadotu ’ala qodimish sholih wal akhdu bi jadidil ashlah” (memelihara perkara lama yang baik dan mengambil perkara baru yang lebih baik).untuk itu dibutuhkan beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan yakni: keilmuan, jiwa kewirausahaan dan etos kerja/ kemandirian.
Pesantren telah berkembang dan mendapat kepercayaan dari masyarakat melalui penerapan sistem asrama yang memungkinkan siswa mendapatkan bimbingan agama menggunakan sistem membaca atau madrasah. Selain menunjukkan tingkat keragaman, orientasi pimpinan pesantren dan independensi kiai, jumlah pondok pesantren yang cukup tinggi menunjukkan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan swasta yang sangat mandiri dan sejatinya merupakan praktek pendidikan berbasis masyarakat. Tipikal kepemimpinan Nyai memiliki pengaruh yang sangat luas terhadap dalam perkembangan pesantren di masyarakat. Berdasarkan analisis situasi tersebut maka perlu adanya suatu upaya untuk memberikan solusi alternatif yang mampu meningkatkan keterlibatan berwirausaha santriwati melalui kepemimpinan Nyai dalam Pondok Pesantren Di Kota Semarang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aminuddin Rasyad dan Baihaqi, 1986. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, .
Arifiah, D. A. (2021). Solusi Terhadap Problematika Pendidikan Dalam Pembelajaran di Pesantren Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, 9(2), 36-43.
Arifin, M. Z. (2014). PERAN KEPEMIMPINAN NYAI DI PONDOK PESANTREN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Lathifiyah II Tambakberas Jombang, Pondok Pesantren Nur Khadijah Den Anyar Jombang dan Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri). SAINTEKBU, 7(2).
Escursell, S., Llorach-Massana, P., & Roncero, M. B. (2021). Sustainability in e-commerce packaging: A review. Journal of cleaner production, 280, 124314.
Ema Marhumah, Konstruksi Sosial Gender di Pesantren: Studi Kuasa Kiai Atas Wacana Perempuan, (Yogyakarta: LKiS, 2011), hlm, 7-8.
Faiqoh, “Nyai Agen Perubahan di Pesantren”, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 3, No. 2, 2005, hlm. 25.
Fathih, M. A., Supriyatno, T., & Nur, M. A. (2021). Visionary Leadership of The Head of Diniyah Madrasah in Improving The Quality Santri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 513–525. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1527
Fitri Nur Aeni, “Dinamika Kepemimpinan Nyai di Pesantren Budaya Jawa”, Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 1, No. 1, Juli 2017, hlm. 69-70.
Habibullah, “Peran Nyai dalam Pengembangan Pondok Pesantren(Studi di Pondok Sabilul Huda Gadu Barat Ganding)”, Jurnal KeIslaman dan Kemasyarakatan, Vol. 3, No. 1, 2019, hlm. 107.
Istiqlaliyani, F. (2022). Ulama Perempuan di Pesantren: Studi Tentang Kepemimpinan Nyai Hj. Masriyah Amva. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 104-109.
Kesuma, G. C. (2014). Pesantren dan Kepemimpinan Kyai. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 99-117.
Lakshmi, V. (2021). E-Business. Journal of Internet Banking and Commerce, 26(2), 1-2.
Muali, C., Rofiki, M., Baharun, H., Zamroni, Z., & Sholeh, L. (2021). The Role of Sufistic-Based Kiai Leadership in Developing the Character of Santri in the Pesantren. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1705–1714.
Morris, N. (2009). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation.
Silfiyasari, M., & Zhafi, A. A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127-135.
Sri Wahyuni, Zainal Arifin, 2016. “Kepemimpinan Demokratis Nyai dalam Pengembangan Pondok Pesantren”, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1,