Pengaruh Islamic Branding, Islaminc Adevertising, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Konveksi Helmi Busana Muslim Tulungagung

  • M Khoirul Amilin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
  • Agus Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan buat memvalidasi dampak islamic branding, islamic advertising & kualitas produk terhadap  keputusan pembelian. Pendekatan dalam penelitian ini memakai kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data penyebaran kuisioner & data pendukung dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Responden berdasarkan penelitian ini merupakan konsumen usaha konveksi helmi kostum muslim sebesar 50 orang. Penelitian ini memakai teknik analis uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikoleaniritas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji T, & koefisien determinasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan data yang sebagai bahan uji bisa dibuktikan menggunakan uji validitas. Kesimpulan berdasarkan perhitungan data tadi mengambarkan nilai positif yang nir signifikan antara variable islamic branding (x1) terhadap variable keputusan pembelian (y) tetapi masih ada positif yang signifikan antara variable islamic advertising (x2) menggunakan kualitas produk (x3) terhadap variable keputusan pembelian (y). hal tadi terbukti menggunakan uji regresi linear berganda & uji T. output yang diperoleh mengambarkan islamic advertising & kualitas produk bisa dijadikan taktik buat membangun & mempertahankan keputusan pembelian.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afrianty, Novie, dan Detri Agustina. 2020. “Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT HNI HPAI Kota Bengkulu.” Journal Of Islamic And Finance Studies (JIEFeS) 1(2).

Amilia, Suri, dan M. Oloan Asmara Nst. 2011. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen dan Keuangan 6(1):660–69.

Ananda, Devi Rizki, Fadhilah, dan Rosmala Dewi. 2017. “Sistem Produksi Pada Usaha Elhanief Konveksi di Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 2(4):43.

Ardianyah, Yusuf, Rois Arifin, dan Afi Rachmat. 2017. “Pengaruh Label Halal, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Racek.” Jurnal Riset Manajemen 6(2).

Assauri, Sofyan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Batubara, Maryan, Purnama Ramadhani Silalahi, dan Sri Aderafika Sani. 2022. “Pengaruh Promosi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Study Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara.” Jurnal Alkharaj 4(5).

Hadianto, Yosafat Tanjung. 2011. “Pengaruh Brand Reputation, Brand Predictability, Brand Competance, Trust In The Company, Brand Liking Dan Peer Support Terhadap Trust In A Brand Sepeda Motor Merek Kawasaki dan Honda.” Universitas Atmajaya Jogja.

Jefkines, Frank. 1997. Periklanan, 3rd edn. Jakarta: Erlangga.

Jumani, Zulfiqar Ali, dan Kamran Ahmed Siddiqui. 2012. “Bases Of Islamic Branding In Pakistan:Perceptions Or Believes.” Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 3(9).

Machfoed, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Marlius, Doni. 2017. “Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikilogis Dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang.” Jurnal Pundi 1(1).

Nasrullah, Muhammad. 2015. “Islamic Branding. Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk.” Jurnal Hukum Islam (JHI) 13(2).

Paramita, Putri Diah, dan Hifni Alifahmi. 2017. “Islamic Branding Equity: The Effect of Preceived Quality, Corporate Brand Image and Brand Pesonality to Brand Loyalty.” International Journal of Marketing Studies 2(2).

Putri, Citra Suianto. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(5).

Rahfizah, Raudhatul Zahrah, Supiano, dan Ahmad Kholil. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tabungan IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Medan.” Jurnal Nisbah 6(1).

Rosmaniar, Aulia. 2022. “Pengaruh Islamic Branding Dan Islamic Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Sunslik Hijab.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sof’an, Mohammad. 2016. “Pengaruh Nilai Nasaba, Kualitas Produk, Kualitas Jasa Syariah Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kudus.” Jurnal Ekonomi Syariah 4(2).

Ulfa, Diana, dan Utami Tri Sulistyorini. 2018. “Analis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung Kembali (Study Pada PT BPD Jawa Tengah Kantor Cabang Pembantu Syariah UNISSULA).” Jurnal Sains Ekonomi dan Perbangkan Syariah 8(1).

Wahyudi, Dicki. 2021. “Pengaruh Islamic Branding Dan Islamic Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Sasha Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Tambang.” Universitas Islam Riau.

Wicaksono, Mohammad Pambudi Ary, dan Ni Ketut Seminari. 2016. “Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth terhadap Brand Awareness Traveloka.” E-Jurnal Manajemen Unud 5(8).

Wijaya, Voviany. 2014. “Analisa Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM).” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1).

Wilson, Jonathan A. J., dan Jonathan Liu. 2011. “The Challenges of Islamic Branding : Navigating Emoticons and Halal.” Journal of Islamic Marketing 2(1).

Zulkifli, Boy Syamsul Bakhri, Maysuri Maysuri, dan Ficha Melina. 2019. “Pengaruh Periklanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Hijab Sunsilk Clean And Fresh Pada Mahasiswi Universitas Islam Riau.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 1(1).

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Volume 9 Nomor 1 (2023)
Abstrak viewed = 252 times