Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor

  • Elva Lativia Iniversitas Djuanda
    (ID)
  • Tuti Kurnia Universitas Djuanda
    (ID)
  • Wildan Munawar Universitas Djuanda
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen musim dalam pengambilan keputusan pembelian produk makanan impor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik. Populasi dari penelitian ini yaitu masyarakat muslim Kota Bogor dengan sampel 120 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, karakteristik konsumen yang melakukan pembelian produk makanan kemasan impor adalah masyarakat muslim Kota Bogor, yang memiliki rentang usia antara 21-30 tahun. Konsumen sangat mengutamakan label halal dalam pengambilan keputusan. Serta melibatkan pertimbangan keagamaan sebelum membeli produk makanan impor. Konsumen juga aktif menggunakan media sosial serta memiliki ketertarikan akan budaya yang berasal dari luar negeri. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik yang menguji perilaku konsumen muslim Kota Bogor menggunakan variabel label halal, religiusitas, gaya hidup dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian, menunjukkan bahwa label halal dan religiusitas berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sedangkan gaya hidup dan pengetahuan produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sementara itu label halal, religiusitas, gaya hidup dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah, S. Muhlisin, W. Munawar. (2020). “Implementasi Pembelian makanan Online Melalui Layanan GO-FOOD dalam Perspektif Hukum islam”, Jurnal Syarikah, Vol. 6, No. 2.
Ambasari, Novi. (2019). Pengaruh Religiusitas, Label Halal Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Amrillah, Qonitah dan Andri Brawijaya. (2016). “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik”, Jurnal Syarikah, Vol. 2, No. 2.
An-Nada, Zuhroh. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Label Halal Pada Produk Makanan Kemasan Terhadap Keputudan Pembelian Konsumen Muslim. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. (2000). Tafsir Al Qur'anul Majid An-Nur. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Balakrishnan, Bamini KPD, et.al. (2014) “The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention and Brand Loyalty Among Generation Y”, Procedia Social Behavioral Sciences, 148.
Chamid, Nur. (2010). Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haandayani, R.P & Tuti Kurnia. (2015). “Analisis Persepsi Masyarakat Kota Bogor Terhadap Wakaf Tunai”, Jurnal Syarikah, Vol.1, No.2.
Hasanah, Rylanurul. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Kesadaran Halal dan Sertifiasi Halal, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan. Skripsi Politeknik Negeri Medan.
Iklilah. (2014). “Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Soft Drink Merk Frestea Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember”, Jurnal Ilmiah Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga.
Nuraini. (2018). “Halalan Thayyiban Alternatif Qurani Untuk Hidup Sehat”, Jurnal Al-Mu‘ashirah, Vol. 15, No. 1.
Oktaviani, Nicky. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Pada Masyarakat Kota Metro. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Perdana, Surya Putra. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mebel Aa Di Kecamatan rambatan ditinjau menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Prahesti, Ghina Arum. (2018). “Pengaruh Labelisasi Halal, Pengetahuan Produk, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya”, Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Putri, Citra Sugianto. (2016). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 5.
Putri, Diah Lisna. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Niat Beli Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rangkuti, F. (2010). Perbedaan Mendasar Loyalitas Merek Dengan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rochmanto, Bayu AI dan Ibnu Widiyanto. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen dalam Niat Mnegkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal”, Diponegoro Journal of Management, Vol. 4, No. 1.
Sakti, M., Dwi, A. R., Yuliana, Y. W. (2015). “Perlindungan Konsumen Terhadap Beredarnya Makanan Yang Tidak Bersertifikat Halal”, Jurnal Yuridis. Vol. 2, No. 1.
Sari, L. M. (2013). “Tingkat Religiusitas dan Kecemasan Menghadapi Menopause”, Jurnal Psikologi. Vol. 1, No. 2.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen edisi revisi. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suharto. (2016). “Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan”, Jurnal Derivatif, Vol. 10, No. 1.
Sumarwan, Ujang dkk. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.
Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam pemasaran, edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprayitno, Eko. (2005). Ekonomi Islam. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Suryana. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Wibowo, Sukarno dan Dedi Supriadi. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Yuliana, R. (2011). “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Batik Tulis Danar Hadi (Studi Konsumen Wanita Pada Outlet Danar Hadi Diponegoro Surabaya)”, Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Yunitasari, Vivi dan Moch. Khoirul Anwar. (2019). “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Impor Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Surabaya”, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 1.
Diterbitkan
2022-10-27
Bagian
Volume 8 Nomor 2 (2022)
Abstrak viewed = 1722 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##