Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sarung Tenun Samarinda: Studi Potensi Ekonomi Kreatif Perempuan Samarinda dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Darmawati Darmawati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
    (ID)

Abstrak

Sarung tenun Samarinda yang kaya akan corak atau motifnya yang beraneka ragam, membuat kain tersebut menarik perhatian banyak wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke kota Samarinda, Kalimantan Timur. Ditambah dengan dicanangkannya Kampung Tenun Samarinda oleh ketua Dekranas dan Gubernur Kaltim membuat traffic pengunjung meningkat. Pasalnya, dari kebudayaan tenun ini banyak sekali pelajaran yang dapat diambil mulai dari nilai-nilai budayanya hingga bagaimana sarung tenun ini akan menampung banyak tenaga kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan wilayah/kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana sumbernya akan diperoleh melalui media lapangan yaitu terjun langsung ke tempat untuk melakukan wawancara terhadap beberapa perempuan pemberdaya sarung tenun samarinda. Tempat yang akan dilakukan penelitian adalah Kampung Tenun Samarinda yang terletak di Jalan Pangeran Bendahara kecamatan Samarinda Seberang.. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling berupa  4 (orang) orang responden dari penenun sarung Samarinda yang berdomisili di kampung Pertenunan Kota samarinda. Selain itu, juga akan digunakan studi dokumentasi terhadap laporan publikasi dari penelitian-penelitian terdahulu. Dari seluruh proses tersebut, ditemukan hasil penelitian dalam dua perspektif yaitu nilai kearifan lokal sarung tenun samarinda dan potensi ekonomi kreatif dari perekonomian sarung tenun samarinda. Adapun nilai kearifan lokalnya terletak pada nilai jual kain tenun Samarinda akan menjadi meningkat/bertambah ketika fungsi-fungsi sosial budaya dioptimalkan. Sementara potensi ekonomi kreatifnya, hal ini dapat memajukan perekonomian di kalangan perempuan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Sebab, potensi sarung tenun ini tidak hanya digunakan sebagai sarung saja, melainkan dapat diolah menjadi berbagai macam barang lainnya mulai dari jas, tas, atau dapat dijadikan sebagai cinderamata di berbagai event-event Samarinda. Dan dari hal tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian wilayah/kota Samarinda.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alexandri, M. B., Sam’, N. A., & Raharja, un J. (2020). Development strategy of Bandung creative city through the performance improvement of creative industries. International Journal of Business and Globalisation, 24(4), 560. https://doi.org/10.1504/IJBG.2020.106962
Agustus 2016: https://uin-malang.ac.id/r/160801/seharusnya-agama-menjadi-
solusi-problem-kehidupan.html (diakses, 14 Juni 2022).
As’ad, I., Alwi, M., Anitasari, B., Sinlae, A. A. J., Nugroho, F., & Anwar, K. (2022). The Implementation of E-Commerce for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMES) in Covid 19 Pandemic Era. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220107.009
Bank Indonesia. (2021). Laporan Penelitian Pengembangan Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) Unggulan UMKM di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021. Bank Indonesia.
Farida, N., Suman, A., & Kresna Sakti, R. (2021). Fiscal Decentralization, Economic Growth and Regional Development Inequality in Eastern Indonesia. Journal of Indonesian Applied Economics, 9(2), 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.jiae.009.02.1
Indriastuti, H., Kasuma, J., Zainurrosalamia, S., Darma, D. C., & Sawangchai, A. (2020). Achieving Marketing Performance through Acculturative Product Advantages: The Case of Sarong Samarinda. Asian Journal of Business and Accounting, 13(1), 241–262. https://doi.org/10.22452/ajba.vol13no1.9
Melania, F. A., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Penerapan Etika Pemasaran Islami Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Chiztikk Surabaya). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 43–56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069
Ngo, L.-M., & Anh, T. D. (2021). A New Development Model for Traditional Craft Villages in Urban Fringes: A Case Study in Ho Chi Minh City, Vietnam. Journal of Regional and City Planning, 32(2), 99–109. https://doi.org/10.5614/jpwk.2021.32.2.1
Pajoohan, M. (2019). Regional Development or Regional Policies? A Review of 60 Years of Regional Planning and Development in Pre and Post Islamic Revolution Iran. Journal of Regional and City Planning, 30(2), 102. https://doi.org/10.5614/jpwk.2019.30.2.2
Purnamawati, I. G. A., Herliyani, E., & Eka Agustini, D. A. (2019). Creative Industry And Opportunity In Export Market. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 169. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i2.18397
Rifayanti, R., Kristina, G., Doni, S. R., Setiani, R., & Welha, T. P. (2019). Filosofi Sarung Tenun Samarinda Sebagai Simbol dan Identitas Ibu Kota Kalimantan Timur. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 6(2), 21. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v6i2.2373
Rois, I., & Salahuddin, Muh. (2022). Islamic Microfinance Institutions, Indonesian Economic Democracy, and Development (A Maqashid Approach System Perspective). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.26821
Suprayogo, Imam. Seharusnya Agama Menjadi Solusi Problem Kehidupan. UIN Malang,
Suprayogo, Imam. Revormulasi Visi Pendidikan Islam. Cet. I; Malang: Stain Press, 1999.
Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2017.
Syariah, Republika. SKKNI Perbankan Syariah. Juni 2022.
www.republika.co. id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/ (diakses, 20 Juni 2022).
Tampubolon, Manahan P. Prilaku Keorganisasian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012.
Trimulato. “Manajemen Sumber Daya Manusia Islam Bagi SDM di Bank Syariah”. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 5 No. 2 , 250. (Desember 2018).
Umiarso dan Baharuddin. Kepemimpinan Pendidikan Islam; Antara Teori dan Praktek.
Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.Wahjono, Sentot Imam. Prilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Wahyu Eko Pujianto, Musyaffaah, L., Al Haromainy, M. M., & Angga Lisdiyanto. (2022). Integrated, Marketing Integrated Marketing Communication Pada Daya Tarik Embrio Destinasi Wisata Bahari Melalui Brand Building. Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 57–61. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29593
Wahyudi, Imam. Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif & Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komperehensif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2012.
Wibawa, Dwi Ari. 2012. ”Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Trans-formasional”. www.kppnrantauprapat.net:http://kppnrantauprapat .net/files/artikel/Kepemimpinan_Transaksional_dan_Transformasional.pdf (diakses, 19 Juni 2022).
Wibowo. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia, 2007. Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Wibowo. Manajemen Kinerja-Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Yunita Widia, Andri Brawijaya. “Perbandingan Penerapan Kode Etik Syariah Di Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Bank BNI Syariah dan BTN Syariah)”. Jurnal Nisbah, Vol. 5, No. 1, (2019): h. 30-44.
Yusuf, Burhanuddin. Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Diterbitkan
2023-06-07
Bagian
Volume 9 Nomor 1 (2023)
Abstrak viewed = 215 times