Strategi Pengembangan Wisata Halal Asta Sayyid Yusuf Talango Kabupaten Sumenep

  • Ana Amanda Syafi'ul Ummah Universitas Trunojoyo Madura
    (ID)
  • Dony Burhan Noor Hasan Universitas Trunojoyo Madura
    (ID)

Abstrak

Wisata halal merupakan segmen pasar yang berkembang pesat, khususnya di negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim. Namun, masih terdapat kekurangan dalam pengembangan dan pemasaran wisata halal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan wisata halal dengan standarisasi GMTI (Global Muslim Travel Index). Perumusan startegi pengembangan wisata halal dianggap penting, karena potensi wisata halal dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Dengan mengembangkan dan memanfaatkan daya tarik wisata halal secara strategis dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, memberikan lapangan kerja, serta mendorong pertumbuhan usaha kecil di area wisata. Untuk itu peneliti ingin meneliti lebih lanjut bagaimana strategi pengembangan wisata halal pada Asta Sayyid Yusuf Talango di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pihak pengelola Asta Sayyid Yusuf. Peneliti akan menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam perumusan strategi pengembangan wisata halal perlu memperhatikan beberapa aspek. Pertama, pengembangan infrastruktur yang mendukung. Kedua, promosi dan pemasaran yang tepat untuk menjangkau pasar wisata halal. Ketiga, pengembangan produk dan layanan wisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Apridia, M., & Dahruji. (2022). Analisis Potensi Destinasi Wisata Halal di Daerah Pesisir Selatan Kabupaten Bangkalan (Kecamatan Kamal, Labang, dan Kwanyar). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 1, 87–100.

Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Febriana, L. L. (2021). ( HALAL TOURISM ) PADA DESTINASI WISATA LERENG GUNUNG WILIS KABUPATEN MADIUN SKRIPSI Oleh : LAYIN LIA FEBRIANA NIM 210717134 Pembimbing Dr . LUHUR PRASETIYO , S . Ag ., M . E . I . JURUSAN EKONOMI SYARIAH.

Mastercard-Crescentrating. (2018). GMTI 2018 Global Muslim Travel Index 2018’. Global Muslim Travel Index 2018, April.

Muhammad Nur Mialfi Salim, Indah Dewi Mulyani, & Nur Khojin. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 113–126. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.156

Muntholib, A. (2020). Strategi Pengelolaan Wisata Halal pada Pondok Pesantren : Studi Kasus di Pesantren Wisata Annur 2 Bululawang Malang. … Journal of Islamic Economy, Finance, and …, 1–19. http://www.ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/840%0Ahttp://www.ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/download/840/560

Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 3(2), 63–68.

Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2021). Strategi Pengembangan Desa Wisata Menggoro Sebagai Wisata Halal. Among Makarti, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.200

Pratiwi, A. E. “Analisis P. W. S. di K. Y. M. W. 1. 2016. (2016). Analisis Pasar Wisata Syariah di Kota Yogyakarta. 6(August), 128.

Qadariyah, L. ; W. S. (2019). Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal dalam Pariwisata Syariah Perspektif. 383(Icss), 1141–1145.

Rasyidah, K. (2019). Strategi pengembangan potensi wisata religi di kabupaten sumenep.

Reza, V. (2020). Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2), 106–112. https://doi.org/10.54576/annahl.v7i2.20

Rizky, D. L. (2021). Strategi Pengembangan Wisata Halal Di Kampung Batik Laweyan Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89405

Subarkah, A. R. (2018). Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat. Intermestic: Journal of International Studies, 2(2), 188. https://doi.org/10.24198/intermestic.v2n2.6

Diterbitkan
2023-12-28
Bagian
Volume 9 Nomor 2 (2023)
Abstrak viewed = 151 times