Integrating Islamic Values into The Development of Announcement and Notice Unit for The Eight Grade in MTs Madani Pao-Pao
Integrating Islamic Values
Abstrak
Bahan bahasa Inggris yang digunakan di sekolah terlalu umum. Ini juga tidak mencerminkan Islam itu sendiri. Untuk mempertahankan identitas siswa sebagai Muslim, makalah ini bertujuan untuk mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam ke dalam materi bahasa Inggris, terutama pada kompetensi dasar 3.12 dan 4.12 tentang Pengumuman dan Pemberitahuan untuk siswa kelas 8 di MTs Madani Pao-Pao berdasarkan kurikulum 2013. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Ini terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Prosedurnya termasuk menganalisis materi yang dibutuhkan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa dan menganalisis kompetensi dasar yang digunakan, merancang cetak biru materi, dan mengembangkan materi bahasa Inggris melalui model ADDIE. Dalam penelitian ini, ahli dilibatkan untuk memvalidasi produk. Ada dua aspek sistematis yang mereka validasi dari produk: aspek konten/materi dan aspek pembelajaran. Oleh karena itu, hasil menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian para ahli serta hasil pengembangan produk, kompetensi dasar 3.12 dan 4.12 yang dikembangkan dapat diajarkan kepada siswa kelas 8 SMP sebagai topik dalam bahasa Inggris.
Kata kunci: Pengembangan, Nilai Nilai Islam, Materi Bahasa Inggris.
Referensi
Annisa & Hadijah, S. The Integration of Islamic values in English Teaching and Learning Process at MAN Model Palangka Raya. International Conference on English Language Teaching, 35–50, 2017.
Anggraeni, Raden Roro Widya Puspita. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Amri Syafri, Ulil. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Cara Mudah. Menghadapi Ujian Nasional 2010: Bahasa Inggris SMP. Jakarta: Grasindo, 2009.
Chaeruman. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT RemajaRosdakarya, 2009.
Darwis, Jamaluddin. English for Islamic Studies. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.
Dharma, Y. P., & Aristo, T. J. V. An Analysis of English Textbook Relevance to the 2013 English Curriculum. Journal of English Educational Study (JEES), 1(1), 24-33, 2018.
Elfi, E. Integrating Islamic Messages In The English Teaching for Moeslem Students In Indonesia. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1), 221-230, 2017.
Husein, R & Anni Holila Pulungan. Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bahasa Inggris. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktora Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 2017.
Ilmiah, N., & Nur, N. A. Developing Asking And Giving Information Materials Dealing With 2013 Curriculum of Eight Grade of Smp Students. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 4(1), 67-78, 2018.
Jahangard, A. Evaluation of EFL Materials Taught at Iranian Public High Schools. Asian EFL journal, 9(2), 2018.
Jalaluddin, H. Pendidikan Islam Pendekatan Sistem dan Proses. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.
Kemendikbud. Permendikbud No. 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Kemendikbud. Panduan Penilaian Pada SMK. Retrieved from http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com /2015/12panduanpenilaian-smk.pdf, 2014.
Machin, A. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 2014.
Madkur, A., & Albantani, A. M. Instilling Islamic Values in Foreign Language Teaching: An Indonesian Context. In International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS 2017).Atlantis Press, 2017.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengarungi Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Mulyasa, H. E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2013.
Ningsih, Wiji Wahyu. The Internalization of Islamic Values Through Education in Ma’had Al-Furqan Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Universitas Islam Negeri Malang, 2016.
Nurpahmi, Sitti. English for Specific Purposes: An Integrated Approach. Alauddin Press University, 2014.
Madya, Suwarsih, et al. ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity. Leiden Netherlands: CRC Press/Balkema, 2018.
Partanto, Pius A & M Dahlan Albarry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka, 1994.
Pribadi, Benny A. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana, 2014.
Putra, Nusa. Research & Development Penelitian & Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Richards, J. Curriculum Development in Lnguage Education. Cambridge: Cambridge University Press, 2001.
Rohmah, Z. Incorporating Islamic Messages in the English Teaching in the Indonesian Context. International J. Soc. Sci. & Education, 2(2), 157-165, 2012.
Sunhaji, S. The Impementation of Integrated Learning in The Islamic Religious Education Raise the Faith Devotion of The Students of State Seniour High Schools in Purwokerto. Dewantara, 1(1), 2013.
Syahmadi, Hendi. Bedah Curriculum 2013 Bagi Guru Bahasa Inggris. Bandung: CV. AdoyaMitra Sejahtera, 2013.
Thomas, David R.A. General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data. New Zealand: University of Auckland, 2006.
Tomlinson, B. (Ed.) Materials development in language teaching. Cambridge University Press, 2011.
Tomlinson, B. Materials Development for Language Learning and Teaching. Cambridge: Cambridge University Press, 45(2), 2012.
Tomlinson, B. Developing Materials for Language Teaching. Cambridge: Bloomsbury Publishing, 2014.
Umam, C. Maintaining Islamic Values in English Language Teaching in Indonesian Pesantrens. DIDAKTIKA Religia: Journal of Islamic education, 2(1), 227-242, 2014.
Umajjah, Tajirah. Designing an English Learning Text Book Nuanced Islamic Materials for Pibas’ Program in Alauddin State Islamic University of Makassar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
Yassi, Hakim & Kaharuddin. Syllabus Design for English Language Teaching Second Edition. Jakarta: Trust Media Publishing, 2018.
Yaumi, Muhammad. Prinsisp-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarata: Kencana, 2016.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).