Jargon Remaja di Media Sosial Snapchat

Jargon by Teenagers

  • Eliza Farahdiba Saleh State Islamic University of Alauddin Makassar
    (ID)
  • Serliah Nur State Islamic University of Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nuri Emmiyati State Islamic University of Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Snapchat telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di kalangan remaja, serta penggunaannya yang sering disertai dengan istilah atau jargon yang nyentrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan fungsi dari jargon tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi partisipan dimana peneliti berperan sebagai partisipan dalam kegiatan atau situasi yang diamati dan menggunakan dua teori; Teori Halligan (2004) sebagai bentuk jargon yang menunjukkan bahwa penggunaan jargon pada remaja dapat mencerminkan upaya mereka untuk menyampaikan identitas kelompok mereka dan menunjukkan rasa kedekatan dalam komunitas Snapchat dan teori Jakobson (1960) sebagai fungsi bahasa untuk menganalisis istilah jargon dalam komunikasi remaja di Snapchat sesuai konteks percakapan. Data diperoleh dari percakapan Snapchat yang terdapat jargon. Peneliti menemukan 37 item jargon di sepuluh akun dengan pembagian rata antara lima laki-laki dan lima perempuan dari berbagai negara, Malaysia, Filipina, Indonesia, Inggris, Norwegia, New York, Amerika Serikat, dan Finlandia, dengan usia pengguna yang teridentifikasi berkisar dari 18 sampai 24 tahun. Bentuk jargon yang ditemukan peneliti dikategorikan menjadi kata (8), frase (7), akronim (5), dan singkatan (17), sedangkan fungsinya diidentifikasi sebagai Referensial (9), Puitis (1), konatif ( 9), emosional (7), fatis (8), dan metalingual (3).

Kata Kunci: Jargon, Snapchat, Sosial Media

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
  • scopus_(1)3.png Scopus ID:
  • ORCID_iD.svg_(6)_3.png ORCHID ID: 
  • gratis-png-google-academico-revista-academica-google-logo-educacion-google-removebg-preview_(2)3.png G-Scholar ID:
  • brand_sinta_(1)3.png SINTA ID: 
##submission.authorWithAffiliation##
##submission.authorWithAffiliation##
Diterbitkan
2024-01-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 236 times