KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN LABORATORIUM MINI DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SINJAI TENGAH

  • Andi Ulmi Asnita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium Mini dan Model Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Scientific pada materi Segiempat. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1)aktivitas siswa, (2) motivasi belajar siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Laboratorium Mini berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 79,00 dan standar deviasi 13,35. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta motivasi siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Scientific  berada pada kategori Tinggi  dengan rata-rata 78,78 dan standar deviasi 11,58. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta motivasi siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carole, W. Tavris, C. 2008. Psikologi Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Chatib, M. 2012. Sekolahnya Manusia. Jakarta: Mizan Kaifa.

Dessy, A. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama.

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasan, I. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasmiati. 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif Tipe Team Accelerated (TAI) dan Tipe Team Games (TGT) materi volume bangun ruang pada kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : Penerbit IKIP Malang.

Ikhsan, K. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium Mini dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VII SMPN 37 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nyimas, A. 1999. Pembelajaran Kooperatif dengan Laboratorium Mini pada Topik Geometri SLTP. Tesis Magister. Pascasarjana Unesa Surabaya, Surabaya.

Qalbi, N. 2013. Komparasi Keefektifan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Model Missouri Mathematic Project (MMP) Dalam Materi Segi Empat Pada Siswa Kelas VII SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Redhana, W. I. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan pengajaran. Jakarta: Universitas Negeri Vanesha.

Russefendi. 2006. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

__________. 1996. Research On Cooperative Learning and Achievement. Boston: Academic Press.

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

___________. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Depdikbud.

Thalib, B. S. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tiro, M. A. 1999. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Badan Penerbit UNM.

_________. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

______. 2009. Model Pembelajaran Terpadu; konsep, strategi dan implikasi dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2015-06-11
Section
Articles
Abstract viewed = 346 times