KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN EKSPRESI ALJABAR DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK SISWA

  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak
  • Nadya Febriani IKIP PGRI Pontianak
    (ID)
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menerjemahkan ekspresi aljabar siswa ditinjau dari kecerdasan majemuk. Pemahaman siswa dapat dilihat dari kemampuan menerjemahkan, dalam hal ini kecerdasan yang diteliti hanya empat ranah yaitu: kecerdasan linguistik, logika matematika, visual-spasial dan kecerdasan interpersonal. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VII A SMP Negeri 15 Pontianak Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Prosedur analisis data menggunakan tiga tahap yaitu: (1) reduksi, (2) penyajian data, (3) pengambilan keputusan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata nilai yang diperoleh siswa dengan kecerdasan linguistik sebesar 91,66 kategori amat baik, kecerdasan logika matematika sebesar 59,99 kategori kurang, visual-spasial sebesar 68,74, dan kecerdasan interpersonal sebesar 59,93 kategori kurang.

Abstract:

The purpose of this research was to describe the students’ ability in explaining algebraic expressions in terms of multiple intelligences. The students' understanding could be seen from the ability to explain, in this case the intelligence studied was only four domains, namely: linguistic intelligence, mathematical logic, visual-spatial and interpersonal intelligence. The research method used was qualitative with descriptive approach. The research instruments were questionnaire and test. The analysis procedures used three steps: (1) reduction, (2) presenting the data, (3) deciding or verification. The subject in this research was 22 students of class VII A in SMPN 15 Pontianak Academic Year of 2016/2017. The result obtained was the average values which included very good criteria (91.66) in linguistic intelligence, less (59.99) in mathematical logic intelligence, 68.74 in visual-spatial, and less criteria (59.93) in interpersonal intelligence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Findy, K. Z. (2014). Metode pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences. Jakarta: Pustaka Zakiyya.

Armstrong, T. (2009). Multiple intelligences in the classroom (3rd ed.). Beauregard St: Alexandria. Retrieved from: https://books.google.co.id/books/about/Multiple_Intelligences_in_the_Classroom.html?id=zCdxFRFmXpQC&redir_esc=y.

Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan representasi matematis ditinjau dari multiple intellingence pada pembelajaran hybrid learning berbasis konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.

Desy, T. A. (2016). Kemampuan siswa dalam menerjemahkan ekspresi aljabar di kelas VIII MTs Darul Khairat Pontianak. Skripsi. IKIP PGRI Pontianak. Retrieved from: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/411.

Epriliyanti, L. W., & Amin, S. M. (2017). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan spasial-visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 123–130. Retrieved from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/19746.

Fajriani, & Masni, E. D. (2017). Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 63–73. Retrieved from http://journal.uncp.ac.id/index.php/Peda

gogy/article/view/661.

Fitriani, U., Aunurrohman, A., & Cahyono, B. (2018). Pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah open ended materi trigonometri. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 08(1), 101–113. Retrieved from: http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/2549/1748.

Hasibuan, M. F. (2019). Hubungan kecerdasan linguistik dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, 1(1), 41–48. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/CN

APC/article/view/44/35.

KBBI, T. R. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia (Edisi keempat). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.11113/jt.

v56.60.

Krismanto R, A. (2009). Kapita selekta pembelajaran aljabar di kelas VII SMP. Jakarta: PPPPTK Matematika. https://doi.org/10.1017/CBO97811074153

004.

Najamuddin, N., Idris, R., & Afiif, A. (2015). Pengaruh kecerdasan interpersonal dan taks commiment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang Kabupaten Gowa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 163–176. https://doi.org/10.24

/MAPAN.2015V3N2A3.

Published
2019-12-16
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 522 times