HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Irmawati Irmawati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecerdasan emosional mahasiswa, prestasi belajar matematika serta hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kampus I dan kampus II UIN Alauddin Makassar angkatan 2012, 2013 dan 2014 sebanyak 326 dengan sampel sebanyak 30% dari populasi yaitu 98 orang yang terdiri dari 49 laki-laki dan 49 perempuan, dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kecerdasan emosional mahasiswa laki-laki dan perempuan jurusan pendidikan berada dalam kategori sedang dengan masing-masing skor rata-rata 76,04 dan 73,98, dan prestasi belajar mahasiswa laki-laki dan perempuan jurusan pendidikan matematika berada dalam kategori memuaskan dengan masing-masing skor rata-rata 3,46 dan 3,49. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika angkatan 2012, 2013, dan 2014 UIN Alauddin Makassar dengan taraf signifikan 5% atau (α = 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Cet I; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Caan, Carolyn Mac. 2011. Coping Medied th Relationship between intelligence (EI) andacademic achievement. Internasional journal of psychological, Students’ Emosiona and Academic Engagement, Volume 36, Issue 1.

Chubba, Datsratul. 2007. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim Surabaya. Skripsi Sarjana, Fakultas Psikologi, UIN Malang.

Cox, John D. 2011. Emotional intelligence and its role in collaboration. Proceedings of ASBBS, ASBBS Annual Conference: Las Vegas.Volume 18, Number 1.

Ginanjar, Ary. 2003. ESQ Power Sebuah Inner Journey melalui Al-Ihsan. Jakarta: Arga.

Goleman, Daniel. 1999. Emosional Intelligence, Kecerdasan Emosional (Mengapa EI lebihPenting daripada IQ). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cet. VII; Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hasan, M. Iqbal. 2001. Pokok-Pokok Statistik 2 (Statistik Inferensif). Cet 6; Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayah, Nurul. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Ctl(Contextual Teaching And Learning ) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Madyopuro I Di Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sudjana, Nana. 1996. Statistika Pendidikan. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. ED. XX. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grassindo Persada.

Winarti, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press.

Yadav. Nidhi. 2011. Emotional intelligence and its effects on job performance: Acomparative study on life insurance sales professionals. International Journalof Multidisciplinary Research, Vol.1 Issue 8.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin, Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak(Multiple Intelligence), Jakarta: Kencana.

Published
2016-12-07
Section
Articles
Abstract viewed = 936 times