MICROSOFT POWERPOINT PADA APLIKASI ANDROID DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
Abstrak:
Pemahaman konsep merupakan salah satu indikator hasil belajar peserta didik, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menggunakan microsoft powerpoint pada aplikasi android. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimental design), dan menggunakan desain penelitian non equivalent control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain dan uji hipotesis nya menggunakan Anova satu jalur. Pengujian hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak, sehingga terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis menggunakan microsoft powerpoint pada aplikasi andorid dengan taraf n-gain pada interprestasi tinggi.
Abstract:
Concept understanding is one indicator in improving student learning outcomes, so the aim of this research is to find out the improvement of students' mathematical concept understanding by using Microsoft Powerpoint on Android applications. The type of research used is quasi-experimental (quasi experimental design), and uses the non equivalent control group. The data analysis technique used in the study is the n-gain test and hypothesis testing using one-way ANOVA. Which states that Ho is rejected, so there is an increase in understanding of mathematical concepts using microsoft powerpoint on andorid applications with an n-gain level at high interpretation.
Downloads
References
Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan media animasi fisika pada materi cahaya dengan aplikasi flash berbasis android. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya, 3(1), 11–18.
Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model addie untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SD Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1–15.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmadji, H. (n.d.). Penggunaan media pembelajaran power point untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana siswa kelas VC SDN Ketabang I Surabaya, 1–14.
Budiyono, B. (2015). Statistik untuk penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Dinda, P. D. (2016). Pembelajaran learning cycle 5E berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202.
Ghufroni, M. Y., Haryono, H., & Hastuti, B. (2013). Upaya peningkatan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa melalui penerapan metode pembelajaran problem posing dilengkapi media power point pada materi pokok stoikiometri kelas x sma batik 2 surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Junal Pendidikan Kimia, 2(3), 114–121.
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79–88.
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mangkulo, H. A. (2011). Aplikasi belajar interaktif dengan powerpoint. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4).
Rahardi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 661–671.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Srimaya, S. (2017). Efektivitas media pembelajaran powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68.
Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan PMR dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–38.
Copyright (c) 2018 Ruhban Masykur, Lidia Ramadhani Aulia, Iip Sugiharta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.