EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

  • Siti Fitria Ratnasari Universitas PGRI Yogyakarta
    (ID)
  • Abdul Aziz Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan, mengetahui apakah pembelajaran langsung efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan, dan mengetahui apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi experimental tipe the nonequivalent pretest posttest only control group design. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan, pembelajaran langsung efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan, dan berdasarkan data N-gain kemampuan komunikasi matematika, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan.

Abstract:

The objectives of the research were to know whether the learning of Contextual Teaching and Learning (CTL) is effective in terms of mathematic communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan, to know whether the learning of direct leaning is effective in terms of mathematic communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan, to know whether the learning of Contextual Teaching and Learning (CTL) is more effective than direct leaning in terms of mathematic communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan. The research was used quasi experimental with nonequivalent pretest-posttest only control group design type. Data analysis technique used prerequisite test and hypothesis test. The result in the research pointed out that Contextual Teaching and Learning (CTL) approach is effective in terms of mathematical communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan, effective direct learning in terms of mathematical communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan, and based on N-gain data of mathematical communication ability, the learning Contextual Teaching and Learning (CTL) is more effective than direct learning in terms of mathematics communication ability of grade VII students of SMP Negeri 3 Kasihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angriani, A. D. (2013). Keefektifan model kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik dalam pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 1 (1), 55-68.

Al-Thabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Furqoni, S. K., Bharata, H., & Caswita. (2017). Efektivitas pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5 (7).

Hidayat, S. (2013). Efektifitas pembelajaran matematika menggunakan metode kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan contextual teaching and learning. PGRI Yogyakarta.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7 (1).

Husna, D. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1 (1), 5.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunaifah, A. (2016). Keefektifan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 3 Sleman. Skripsi. PGRI Yogyakarta.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Adhitama.

Munawarah (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5 (2), 168-186.

Riadi, E. (2016). Statistika penelitian (analisis manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wini, S. A. (2103). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract viewed = 2707 times