KOMPARASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP LPP UMI MAKASSAR

  • A. Sriyanti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Model Kooperatif Tipe Make a Match pada materi Segiempat. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP LPP UMI Makassar dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick  dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dipilih menggunakan teknik Purposive  sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan  dengan uji-t menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick lebih efektif daripada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan materi pokok Segiempat dikelas VII SMP LPP UMI Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriadi. (2010). Efektivitas pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif dan pembelajaran langsung pada kelas VII SMP 3 Kahu. Tesis. Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Fitriani. (2013). komparasi keefektifan pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe make a match dan tipe scramble pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Handini, T. (2008). Upaya meningkatkan pemahaman matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar ( learning cycle). Skripsi UPI.

Hasmiati. (2013). Efektivitas pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) dan tipe team games tournament (TGT) materi volume bangun ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Huda, M. (2011). Cooperative learning. Metode,Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka-Hall.

Isjoni. (2009). Cooperative learning (efektivitas pembelajaran kelompok). Bandung: Alfabeta.

Muhibbin, S. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru Cet. 14; Bandung: Rosdakarya.

Chabib, M.T. (2003). Teknik evaluasi pendidikan, Cet. V. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nana, S. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar, Cet VII. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nur, M. (2005). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nurwati. (2009). Studi tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD, jigsaw pada materi sistem persamaan linier dua variabel di Kelas VIII MTsN Model Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar:PPs UNM.

Oemar , H. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. W.J.S. (2002). Kamus umum bahasa Indonesia, Cet. 17; Jakarta: Balai Pustaka.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendididikan dan bidang non eksakta lainnya. Bandung : Tarsito.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesioanalisme guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Santoso, S. (2001). Statistik non parametrik, Jakarta : PT Elex Media Komoutindo.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelanjaran matematika kontemporer. Bandung: JICA.

Slavin, R.E. (2009). Cooperative learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sumarni, S. (2010). Komparasi model pembelajaran tipe TAI (team assisted individualization) dan tipe NHT(number head together) pada materi suka banyak. Tesis tidak diterbitkan:PPs UNM.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif learning, Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sri, S. (2010) . Tugas mata kuliah penelitian dan inovasi pendidikan www.google.com (tanggal 29 september 2010).

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tarmizi, R. (2008). Pembelajaran kooperatif “Make A Match”: Tarmizi Ramadhan’s Blog.htm ( 27 oktober 2010).

Tiro, M. A. (2008). Dasar-dasar statistika. Edisi ketiga. Makassar: Andira Publisher Makassar.

Published
2015-06-11
Section
Articles
Abstract viewed = 1111 times