PENGARUH GAYA BELAJAR MENGAJAR MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Nurkhalisah Latuconsina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar mahasiswa dan gaya mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian ex post facto, dengan pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi, dengan jumlah responden sebesar 37 responden, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, dengan uji t dan F. Dari hasil analisis data kuantitatif , uji t dan F, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dengan hasil thitung > ttabel (0,735 > 0,05), 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa dengan hasil thitung > ttabel (0,538 > 0,05 ), 3) ada pengaruh gaya belajar dan mengajar secara simultan atau bersamaan-sama terhadap hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin , Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan validitas (edisi III). Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azawar, S. (2011). Pengantar psikologi intelegensi Cet III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S.B, & Zein, A. (1997). Atrategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Djamarah, S.B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasan. I. (2010). Pokok-pokok materi statistik 2 statistik inferensial. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asmadi Mahasatya.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sundari, S. (1992). Dasar-dasar psikologi pendidikan. Yogyakarta: Swadaya.

Suherman. E, Winataputra, & Udin, S. (1992). Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asmadi Mahasatya.

Suryabrata, S. (2005). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, S. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya Offset.

Tiro, A. M. (2004). Pengenalan biostatistika. Makassar: Andira Publisher.

Uno, H. B., & Masri, K. 2009. Mengelola kecerdasan dan pembelajaran sebuah konsepsi pembelajaran berbasis keecerdasan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published
2017-06-21
Section
Articles
Abstract viewed = 688 times