PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN TAKS COMMIMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BALANG-BALANG KABUPATEN GOWA

  • Najamuddin Najamuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan interpersonal dan taks commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Balang-Balang Kebupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Balang-Balang Kabupaten Gowa yang berjumlah 257 siswa sedangkan sampelnya adalah 51 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh gambaran kecerdasan interpersonal berada pada kategori sedang yakni sebesar 57%, gambaran task commitment berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 65% dan gambaran gasil belajar matematika berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 67%. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisisregresi sederhana, pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika didapatkan nilai sig adalah 0,000<0,05 berarti H0 ditolak, pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika didapatkan nilai sig adalah 0,000<0,05 berarti H0 ditolak. Analisis regresi ganda didapatkan pengaruh kecerdasan interpersonal dan task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa didapatkan Fhitung>Ftabel (30,251>3,19) berarti H0 ditolak. Ini artinya baik kecerdasan interpersonal dan task commitment terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H. R. (2002). Indentifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non-tes. Jakarta: Grasindo.

Ali, M., dkk. (2012). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Bandung: BumiAksara.

Arikunto, S. (1997). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: BinaAksara.

Azwar, S. (2010). PengantarPsikologiIntelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

----------. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Chandra, J. (1994). Kreatifitas; Bagaimana Menanam, Membangun dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Kasinius.

Departemen Agama RI. (2008). Al-Hikmah Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dwi, C. A. (2014). “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/2014”, Skripsi. Tulungagung, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ginanjar, A. A. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan Rukun Islam. Jakarta:Penerbit Arga.

Goleman, D. (2015). Social Intelegence. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.

Hasan, I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statitik Inferensial). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar IlmuPendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasmiah, M. S. (2013). Psikologi Belajar Matematika. Makassar: University Alauddin Press.

Published
2015-12-15
Section
Articles
Abstract viewed = 700 times