PENGARUH KECERDASAN MATEMATIK LOGIS DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

  • Muhammad Ishak Anto Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Ilyas Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Matematik-logis dan Spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negri 4 Sungguminasa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 90 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket (kusioner) yang diberikan, sebanyak 22 item peryataan. Dokumentasi di sini maksudkan untuk memastikan mengenai hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil gambaran kecerdasan matematik logis siswa berada pada kategori rendah sebanyak 12%, kategori sedang sebanyak 71%, dan pada kategori tinggi sebanyak 17% , kecerdasan spasial 11 % katagori rendah, 78 % katagori sedang ,dan 11% katagori tinggi, Sedangkan gambaran hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah sebanyak 3%, kategori sedang 82% dan pada kategori tinggi sebanyak 14% sehingga secara umum tingkat hasil belajar matematika berada pada katagori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial kecerdasan matematik logis dan spasial berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Sumbangsi pengaruh variabel kecerdasan matematik logis dan spasial 56% sedangkan selebihnya 44% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, H. (2010). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Abdul, H. (2012). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smpn 2 Secanggang Kabupaten Langkat.” Jurnal Tabularasa Pps Unimed, vol. 9 no. 2 (Desember 2012).

Abdul, R. S. (2009). Psikologi: SuatuPengantar Dalam Perspektif Islam Cet. IV; Jakarta: Kencana.

Ade, S. (2013). Pengertian Hasil Belajar. http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/03/pengertian-definisi-hasilbelajar.html, (19 juni 2013).

Ariyadi, W. (2012). Pendekatan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012).

Arif, M. T. (2000). Dasar-Dasar Statistik. Makassar: Badan Penerbit Universias Negeri Makassar.

Eko, P. W. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif) Cet. VII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ibnu, H. (1999). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Iqbal, H. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistik 2(Statistik Inferensif) (Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara.

Jingchen, X., & Ruilin, L. (2009). Research On Multiple Intelligences Teaching And Assesment, Asian Journal Of Management And Humanity Science, Vol 4 No 2-3 Pp, 106-124, 2009.

John, W.S. (2011). Psikologi Pendidikan. Edisi II; Jakarta: Kencana.

Nana, S. (1966). Statistika Pendidikan. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2004). Proses Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurul, Z. (2007). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.

Rapi, M. (2010). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Saifuddin, A. (1966). Pengantar Psikologi Inteligensi. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sofan, A. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Published
2015-12-15
Section
Articles
Abstract viewed = 886 times