KONSEP PENDIDIKAN MENURUT IBNU TAYMIYAH

  • Rappe Rappe fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar
    (ID)

Abstract

Dalam pembahasan mengenai konsep pendidikan menurut Ibnu Taymiyah akan diketengahkan pada bagian awal pembahasan mengenai riwayat hidup Ibnu Taiymiyah, dan pada bagian pertengahan sampai akhir pembahasan diketengahkan mengenai konsep pendidikannya. Ibnu Taymiyah, lahir di kota Harran wilayah Syiria, lima tahun setelah Baghdad dikuasai oleh pasukan Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan, hari kelahirannya adalah hari Senin 10 Rabiul Awwal 661 H, bertepatan dengan tanggal 22 Januari 1263 M. Ibnu Taimiyah wafat di Damaskus malam senin 20 Zul Qaidah 728, bertepatan dengan tanggal 26 September 1328 M. Ia sangat gigih berjuang  dalam usaha reformasi tradisi masyarakat yang bertentangan dengan ajaran-ajaran Islam. Ia menekankan terbukanya pintu ijtihad di samping tetap berpegang teguh terhadap sufisme. Konsep pendidikan menurut Ibnu Taimiyah adalah bagi peserta didik dipersyaratkan memiliki alat pendidikan yang baik untuk memperoleh ilmu pengetahuan, menguasai secara sempurna apa yang dipelajari, mensejajarkan antara pengetahuan dan amal. Adapun metode pendidikan menurut Ibnu Taimiyah ada tiga macam, yaitu; pertama, dengan al-Hikmah, Kedua, dengan al-mauizah, Ketiga, dengan dialog (al-jadal al-ahsan).

Kata kunci: Ajaran Islam, penguasaan ilmu pengetahuan, dan reformasi tradisi yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Author Biography

Rappe Rappe, fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar
Dosen dijurusan Pendidikan Bahasa Arab

References

J. Donohue, Jhon dan Jhon L. Esposito, Islam in Transition Perspectives, diterjemah oleh Machnun Husein, dengan judul Islam dan Pembaharuan, cet. V; PT. Raja Grapindo Persada, 1995.

Hodgeston, The Venture of Islam, Vol. 1. The University of Chicago Press, 1961.

Katsir, Ibn, al-Bidayah wa al-Nihaya, jilid IX, juz 14, Bairut: Daar al-Fikr, tt.

al-Kailani, Majid ‘Ursan, al-Fikr al-Tarbawi ‘inda Ibn Taimiyah, Mesir: Dar al-Turats, tt.

___________, Min ‘Amiyah, jilid III, Maktabah al-Tarbiyah al-Isla>miyah al-Arabiyah li Dual al-Khali>j, 1988.

Madjidi, Busjairi, Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim, cet. I; Yogyakarta: Al Amin Press, 1997.

Nizar, Syamsul. Sejarah Pendidikan Islam, cet. III; Jakarta: Kencana, 2009.

Taimiyah, Ibnu, Fatawa: Ilmu al-Suluk, jilid X, cet. I: Saudi: 1398 H.

___________, Majmu’ al-Rasa’ al-Kubra, jilid 1, t.t.

___________, Fata>wa usu>l fiqh, jilid 19, t.t.

___________, Fata>wa Kita>b Tafsi>r, jilid 15, t.t.

___________, al-In, Kairo: Da>r al-Hadi>s|, t.t.

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, edisi I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Zahrah, Abu, Ibn Taimiyah: Hayatuhu wa ‘Ashruhu, Ara’ahu wa Fiqhuhu, Bairut: Dar al-Fikr al-‘Arab, tt.

Published
2015-12-30
Section
Volume 4 Nomor 1, Desember 2015
Abstract viewed = 914 times