PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HASAN AL-BANNA

  • Muhammad Mawardi Djalaluddin fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar
    (ID)

Abstract

Pendidikan berarti suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang peserta didik dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran, pelatihan. Melalui upaya ini diharapkan agar pendidikan yang ditawarkan mampu berapresiasi terhadap dinamika peradaban modern secara adaptik proprsional tanpa harus melepaskan nilai-nilai Ilahiyah seabagai warna nilai control. Hasan al-Banna adalah seorang tokoh pembaru atau modernis dalam dunia Islam. Beliau dikenal sebagai tokoh pembaru, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan. Hasan al-Banna memiliki gagasan bahwa kejumudan umat Islam disebabkan kesalahan dalam bidang pendidikan. Pemikiran Hasan al-Banna tentang pendidikan meliputi tiga aspek, yaitu materi pendidikan akal, jasmani, dan hati (qalb). Ketiga materi tersebut dapat diperoleh dari ilmu pengetahuan agama, eksakta, ilmu sosial dan cabang-cabangnya. Metode pendidikan yang dapat diterapkan dalam proses pendidikan meliputi enam model; yaitu metode diakronis, sinkronik-analitik, hallul musykilat, tajribiyyat, al-istiqraiyyat, dan metode al-istinbathiyyat.

Author Biography

Muhammad Mawardi Djalaluddin, fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar
Dosen dijurusan Pendidikan Bahasa Arab

References

Ahmad Isa Asur.Nazarat Fii Islah al-Nafs wa al-Mujtama’ li al-Imam al-Syahid Hasan al-Banna’. Kairo: Dar al-I’tisam. 1973

Ahmad Fuad al-Ahwani. Al-Tarbiyah fi al-Islam. Kairo: Dar al-Ma’arif. 1975.

Abu al-A’la al-Maududi. Al-Islam wa al-Tarbiyah al-Hadisah. Kairo: Dar al-I’tisam. 1978.

Ishaq Musa al-Hasani. Al-Ikhwan al-Muslimin Kubra al-Harakat al-Islamiyah al-Hadisah. Beirut: Dar li al-Tibaah wa al-Nasr. 1952.

As’ad Sayyid Ahmad. Al-Islam wa al-Daiyah –Hasan al-Hudaibi- . Kairo: Dar al-Ansar .1977.

Anwar al-Jundi. Al-Ikhwan al-Muslimin fi Mizan al-Haq. Ttp. Ttt.1946.

--------. Hayat Rajulin wa Tarikh Madrasah. Kairo: Dar al-Tab’i wa al-Nasr al-Islamiyyah. 1947.

--------. Harakat al-Yaqazah al-Islamiyyah. Kairo: Dar al-I’tisam. 1979.

Anwar al-Sadat. Al-Bahs an al-Zat. Kairo: Al-Maktab al-Misri al-Hadis. 1976.

Jabir Rizq. Al-Muamarah ala’ al-Islam Mustamirrah. Kairo: Dar al-Ansar. 1978.

Rauf Syalabi. Al-Syaikh Hasan al-Banna wa Madrasatuhu al-Ikhwan al-Muslimin. Kairo: Dar al-Ansar. 1977.

Sayyid Qutub. Nahwa Mujtama’ Islami. Yordania: Maktabat al-Aqsa. 1969.

----------------. Maalim fi al-Tariq. Kairo: Maktabat Wahbah. 1964.

----------------. Da’wat al-Ikhwan al-Muslimin wa Abqariyat binai Jama’atiha. Iskandariyyah: Dar al-Qadisiyah. 1980.

Yusuf al-Qaradawi. Al-Tarbiyat al-Islamiyah wa Madrasah Hasan al-Banna’. Kairo: 1979.

Muhammad Abdullah al-Samman. Hasan al-Banna’, al-Rajul wa al-Fikrah. Kairo: dar al-I’tisam. 1978

Hasan al-Banna’. Risalat ila al-Syabab. Kairo: Dar al-Syihab. 1977

____________. Risalat baina al-Amsi wa al-Yaum. Kairo: Dar al-Tibaat wa al-Nasyr al-Islamiyyah. Tt.

____________. Risalat al-Ta’lim. Kairo: Dar al-Tibaat wa al-Nasyr al-Islamiyyah. Tt.

____________. Risalat Da’watuna. Kairo: Dar al-Tibaat wa al-Nasyr al-Islamiyyah. Tt.

____________. Risalat Da’watuna fi Taurin Jadid. Kairo: Dar al-Tibaat wa al-Nasyr al-Islamiyyah. Tt.

____________. Nahwa al-Nur. Kairo: Dar al-Tibaat wa al-Nasyr al-Islamiyyah. 1977.

____________. Risalat Musykilatina fi Daw al-Nizam al-Islami. Beirut: al-Muassasat al-Arabiyat al-Islamiyah. 1980.

Published
2015-12-30
Section
Volume 4 Nomor 1, Desember 2015
Abstract viewed = 7443 times