Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Al- Hilal

  • Een Tur'aeni UIN Sunan Kalijaga
    (ID)

Abstract

Belajar bahasa membutuhkan strategi – strategi pembelajaran yang tepat, mulai dari pendekatan, metode, dan tekniknya. Pemilihan teknik berdasarkan pendekatan yang tepat dan akan membantu kebutuhan seseorang dalam belajar bahasa. Namun perlu dimaklumi bahwa diantara semua tidak ada yang terbaik, hanya ketetapan dalam mengolaborasikannya. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai optimal.

Strategi pembelajaran adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh pengajaran bahasa arab untuk membuat proses pembelajaran berjalan yang sesuai dengan konsep yang sebenarnya. Adapun pendekatan yaitu asumsi mengenai hakikat belajar mengajar bahasa arab dan bersifat aksiomatis. atau pendekatan adalah suatu keyakinan atau pandangan fiosofis tentang fitra bahasa.

 Salah satu pendekatan bahasa arab yaitu pendekatan komunikatif (Al – madkhal Al- ittisali). Pada pendekatan komunikasi mengasumsikan bahwa pengajaran bahasa arab adalah belajar komunikasi. Pembelajaran bahasa arab diarahkan untuk meningkatkan kemampuan baik dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan. Bahasa sebagai sarana berkomunikasi digunakan berbagai fungsi dan disajikan dalam konteks yang bermakna, tidak dalam bentuk kalimat lepas hingga mampu mewujudkan oreantasi bealajar mengajar bahasa yang berdasarkan tugas dan fungsi berkomunikasi.

 

Secara umum pembelajaran bahasa arab bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai etika yang berlaku, baik lisan maupun tulisan. Sehingga bahasa arab dapat digunakan dengan tepat dan kreatif. Sedangkan tujuan khusus pembelajaran bahasa arab materi yang di ajarkan dipahami oleh para peserta didik.

 

Tujuan yang paling utama pengajaran bahasa adalah membantu pembelajaran menggunakan bahasa target mengharapkan para siswanya mampu menggunakan bahasa arab sebagai alat komunikasi baik itu reseptif maupun produktif. Artinya pembelajaran mampu memahami dan menyerap bahasa lisan ataupun bahasa tulisan. Kemudian mampu memproduk menggunakan bahasa arab itu sebagai alat komunikasi agar di pahami oleh orang lain yang dituangkan dalam bentuk kegiatan kalam dan kegiatan kitabah.

References

Munirotun Naimah, “Pandangan Dan Pendekatan Pembelajaran, dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab” Vol. No. 2, 2016.

Depdik

nas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Dengeng, I. N. S. 1989. Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pengajaran. Jakarta. Proyek

Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Nuha, Ulin. 2000. Pengajaran Bahasa Asing….,

Mu’in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta. Pustaka Al Husna Baru.

Ebta Setiawan, KBBI offline versi 1.1, 2010.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),

Muhajir, Arah Baru Pengajaran Bahasa Arab, ( Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017)

Chaedar Alwasilah, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011),

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran inovatif Progresif, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009)

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Munirotun Naimah, “Pandangan Dan Pendekatan Pembelajaran, dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab” Vol. No. 2, 2016.

H.M.Sayuthi Ali, Metodologi Penelitian Agama (Cet.1: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002),

Binti Maunah, “pendidikan dalam perspektif struktural fungsional”Cendikia. Vol.10. No. 2,2016,

Douglas Brown, Prinsip-prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa, ter. Noor Cholis dan Yusi Asvianto, tt., (California: 2007),

Relit Nur Edi, S.Ag, M.Kom.I. Pendekatan Komunikatif(al Madkhol al-Ittisholi) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Dosen Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung

Drs. Furqanul Azies. Pengajaran bahasa komunikatif . PT. Remaja Rosdakarya Bandung. Cet 1 oktober 1996.

Muhammad Nazir. Metode penelitian. Bandung Remaja Rosdakarya, 1986 ) hal 1599

HB Sutopo. Metode penelitian kualitatif : dasar dan teori dan terapannya penelitian ( Surakarta : UNS 2006 )

Kemal Ibrahim Badri dan shalih Muhammad nasir. Usus ta’lim al- lughah al – ajnabiyah ( Jakarta : LPIA. T. th.

Muljanto sumardi. Berbagai pendekatan dalam pengajaran bahasa dan sastra ( Jakarta : pustaka sinar harapan. 1996) hal 19

Nababan. P. w. j. ilmu pragmatik : Teori dan penerapannya : Jakarta depdiknas, 1987

Furqanul Azies dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran bahasa. Yogjakarta pustaka pelajar 2015.

Abdul chaer, psikolinguistik. Kajian teoritik (Jakarta: PT. Rineka cipta 2009

Published
2019-12-06
Abstract viewed = 3024 times