Kajian Teoritik Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik Di Madrasah Ibtida’iyah

  • Muhammad Yusuf UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Kajian ini didasari oleh fenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah yang hanya mementingkan aspek kognitif dan terkesan tidak memperhatikan aspek potensi siswa lainya, seperti potensi sosial dan spiritual. Oleh karenanya, diperlukan pendekatan humanistik yang disinyalir dapat mengakomodir segala potensi yang melingkupi siswa. Tulisan ini mengandalkan sumber bibliografis berupa buku dan artikel yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Pembacaan data menggunakan pendekatan kritis dan pemaknaan substansinya dengan menggunakan content analysis. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah dengan pendekatan humanis bertujuan agar siswa menguasai bahasa Arab yang pada gilirannya bisa dijadikan sebagai alat kaji di lapangan keilmuan dan praktis pergaulan hidup. Materi pembelajaran hendaknya juga mengandung unsur problematis yang bersifat insaniyah dan ilahiyah. Metode pembelajaran bisa menggunaakan metode amtsal, ibroh, mau’idoh hasanah, uswatun hasanah, dan berfikir reflektif. Adapun evaluasi yang sesuai dengan pendekatan humanis yaitu pilihan ganda, tes uraian, dan penilaian teman sejawat. Selain itu, dalam pembelajaran humanis, guru juga di tuntut mempunyai kompetensi pribadi, sosial, dan profesional. Dengan optimalisasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah, siswa berpotensi besar dapat eksis dalam dunia akademik maupun sosial. Sehingga peran bahasa Arab sebagai salah satu alat membangun peradaban dapat terealisasikan.

References

Albantani, Azkia Muharom. 2015. ”Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtida’iyah”, Jurnal: Arabiyat, Vol. 2, No. 2,

Albantani, Azkia Muharom. 2018. ”Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtida’iyah”, Jurnal: Attadib Journal Of Elementary School, Vol. 2, No. 2

al-Fandi, Haryanto. 2011. Desain Pembelajaran Yang Demokratis dan Humanis. Jogjakarta: Arruz Media.

Ahmad, Zainal Arifin. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multipple Intelligence”, Jurnal: Al-Maharat, Vol. 1, No. 1.

Arbayah. 2013. “Model Pembelajaran Humanistik”, Jurnal: Dinamika Ilmu, Vol. 13, No. 2.

Asrori, Mohammad. 2013. Pengembagan Kurikulum Bahasa Arab Di Pesantren. Malang: UIN-Maliki Press.

Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Dubes Amerika Serikat Di Indonesia.

Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Fahrurrozi, Aziz. 2014. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya,” Jurnal: Arabiyat, Vol. 1, No. 2.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maimunah. 2016. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik”, Jurnal: Medina Te; Jurnal Studi Islam, Vol. 14, No. 1.

Maksudin dan Qoim Nurani. 2018. Pengembagan Kurikulum Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Muhajir. 2017. Arah Baru Pengajaran Bahasa Arab ”Filsafat Bahasa, Metode, dan Pengembangan Kurikulum”. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mujib, Fathul. 2010. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab “Dari Pendekatan Konvensional Ke Integratif Humanis”. Jogjakarta: Bintang Pustaka Abadi.

Musfah, Jejen. 2012. Pendidikan Holistik “Landasan Lintas Perspektif”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 000912 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanusi, Uci. 2013. ”Pembelajaran Dengan Pendekatan Humansi”, Jurnal: at-Ta’lim, Vol. Vol. 11, No. 2.

Sholeh, Nur, dan Ulin Nuha. 2013. Pengembagan Kurikulum Bahasa Arab “Analisis dan Panduan Kurikulum Bahasa Arab Sesuai KTSP”. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiharto, Bambang. 2008. Humanisme dan Humaniora “Relevansinya dengan Pendidikan”. Jogjakarta: Jalasutra

Syakur, Nazri. 2008. “Proses Psikologik Dalam Pemerolehan Dan Belajar Bahasa”. Yogyakarta: Bidang Akademik Uin Sunan Kalijaga.

Tajuddin, Shafruddin. (tt) ”Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa”, Jurnal: Parameter, Volume 29, No. 2.

Wahab, Muhbib Abdul. 2008. Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Wahab, Muhbib Abdul. 2015. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmetode,” ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, No. 1.

Yusuf, Muhammad. 2019. “Psikolinguistik Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Postmetode”, Jurnal: Al-Mi’yar, Vol. 2, No. 2.

Published
2019-12-06
Abstract viewed = 1311 times