Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah

  • Hidayatul Khoiriyah UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qirāah dalam pembelajaran keterampilan reseptif berbahasa Arab untuk pendidikan tingkat menengah.  Metode yang digunakan adalah metode kajian pustaka (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa artikel jurnal, buku-buku, dan beberapa sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode qirā’ah merupakan salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan keterampilan reseptif berbahasa Arab (mahārah al-istimādan mahārah al-qirā’ah). Dalam pembelajaran keterampilan menyimak (mahārah al-istimā) siswa mampu memahami isi dari apa yang telah disimak dan mengungkapkan kembali lewat bahasanya baik secara lisan maupun tulisan. Adapun dalam pembelajaran keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah) siswa mampu membaca teks Arab dengan fasih, mampu menerjemahkan dan mampu memahaminya dengan baik dan lancar.

References

Abd. Rahman, Anwar. 2017. “Keterampilan Membaca Dan Teknik Pengembangannya Dalam Pembelajaran”, Jurnal Diwan, Vol. 3, No. 2.

An-Nāqah, Mahmūd Kāmil. 1985. Tā’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah li an-Nāthiqīn bi Lughāh Ukhrā : Asasuhu - Madākhiluhu - Thuruqu Tadrīsihi. Mekkah : Jamī’ah Ummul Qurā.

Asyrofi, Syamsuddin. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Pokja Akademik.

Dahlia, Sri. 2013. “Urgensi Metode Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PTAI”. Jurnal Arabia, Vol. 5, No. 1: h. 16.

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat.

Fahrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin. 2012. Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Hai, Kemas Abdul dan Neldi Harianto. 2017. “Efektivitas Pembelajaran Qira’ah Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi”. Jurnal Titian, Vol. 1, No. 2: h. 129-130.

Hamami, Muh. Nidom. 2013. “Assesement dan Evaluasi Kemampuan Menyimak (Istima’) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Turats. Vol.5. No.10.

Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Izzan, Ahmad. 2004. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Humaniora.

Kurniawan, Rahadian. 2018. “Mahārah Qirā’ah Fi Al-Madrasah At-Tsānawiyyah Al-Hukūmiyyah Air Bangis Pasaman Al-Gharbiyyah (Dirāsah Tahlīliyyah ‘An Tadrīsiha Wa Shu’ūbatihā)”, Jurnal Arabiyatuna, Vol. 2, No.1.

Madkūr, ‘Ali Ahmad. 2006. Tādrīs Funūn al-Lughah al-‘Arabiyyah. Kairo: Dār al-Fikr al-‘Arabiy.

Munawwir, A.W dan Muhammad Fairuz. 2007. Kamus Al-Munawwir. Surabaya : Pustaka Progressif.

Mujib, Fathul. 2010. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta : PT Bintang Pustaka Abadi.

Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Teras.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang : UIN Malang Press.

Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Malang Press.

Sudiarti, Sri. 2015. “Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Arab Gundul Melalui Aktifitas Membaca Intensif Berbasis Gramatikal : Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN STS Jambi,” Fenomena 7, No. 1.

Sumardi, Mulyanto. 1974. Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Jakarta : Bulan Bintang.

Tarigan, Djago dkk. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Published
2019-12-06
Abstract viewed = 1407 times