التمييز

  • Abu Dzar Al-gifari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut : Pertama amyīz yaitu isim nakīrah yang dinasabkan untuk menjelaskan maksud kalimat terdahulu yang diragukan maksudnya. Atau dengan arti yang lain, setiap isim nakirah yang mengandung makna  من(min) untuk menjelaskan kata yang sebelumnya secara umum. Tamyīz merupakan isim mansub yang menjelaskan kata-kata benda yang masih samar-samar pengertiannya dan yang menashabkannya adalah kata-kata yang sebelumnya berupa fi’il atau ‘adad (kata bilangan, atau kata-kata miqdar (ukuran, timbangan, takaran dan lain). Kedua Tamyiz terbagi dua bagian, yaitu : (a)Tamyīz mufrad atau zāt, yaitu tamyīz yang menghilangkan kesamaran kalimah isim sebelumnya yang menunjukkan ukuran dan hitungan. Dengan kata lain, tamyīz zāt merupakan kalimat yang menjelaskan isim mubham yang diucapkan/dilafazkan. (b)Tamyīz nisbah atau jumlah, yaitu tamyīz yang menghilangkan kesamaran nisbah dalam jumlah. Dengan kata lain, tamyīz nisbah merupakan isim nakirah yang memperjelas suatu jumlah yang masih samar nisbahnya. Adapun syarat-syarat tamyīz sebagai berikut : (1)Tamyiz harus berupa isim nakirah, (2) Keadaan kalimatnya harus sempurna.

References

Anwar, Moch. Ilmu Nahwu Terjemahan Matan al-Ajrumiyyah dan ‘Imrithy Berikut Penjelasannya. Bandung: CV. Sinar Baru, 1987.

‘Abd al-Rahim ‘Adas, Muhammad. Al-Wāḍih fi Qawāid al-Nahw wa al-Sharf. Ammān: Dār Jadlawi, 1991.

A. Rahman, Salimuddin. Tata Bahasa Arab untuk Mempelajari al-Quran. Bandung: Percetakan Sinar Baru Algesindo Offset, 2004.

al-Galayaīnī, al-Syeikh Muṣṭāfā. Jāmi’ al-Durūs al-Arbiyah. Beirut: Maktabah al-Asriyah, 2000.

al-Malījī, Muhammad Ahmad dan Manṣūr Sulaiman al-Ginām. Al-Fāiq fī al-Nahw wa al-Ṣarf. Cairo: Maktabah al-Azhar, 2005.

Muhammad, Abubakar. Tata Bahasa : Bahasa Arab II. Surabaya: Al-IKhlas, 1982.

Mu’minin, Imam Saiful. Kamus Ilmu Nahwu & Sharaf. Jakarta: Amzah, 2009.

M. Sufyan, Ilmu Nahwu :Tata Bahasa Arab. Jogyakarta: Kota Kembang, 1982

Nuri, Mustafa dan Hafsah Intan. Al-Arabiyyah al-Muyassarah. Jakarta: Pustaka Arif, 2008.

al-Rajihy, Abduh ‘Ali Ibrāhim. Al Taṭbīq al-Nahwī. Riyāḍ: Maktabah Ma’arief, 1999.

Umam, Chatibul. Pedoman Dasar Ilmu Nahwu. Jakarta: Darul Ulum Press, 1996.

Published
2019-12-06
Abstract viewed = 4139 times