ميول التلاميذ على دراسة المفردات وعلاقتها بقدرتهم على تكلم اللغة العربية

  • Ade Arip Ardiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    (ID)
  • Deden Nurdian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa dalam belajar kosa kata dan untuk mengetahui kemampuan mereka berbicara bahasa Arab, serta mengetahui hubungan antara keduanya. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat siswa dalam belajar kosa kata dipengaruhi oleh kemampuan mereka untuk berbicara bahasa Arab. Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah jika minat siswa untuk mempelajari kosakata tinggi, kemampuan mereka untuk berbicara bahasa Arab baik, dan sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pengumpulan  data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan studi pustaka, kemudian data dianalisis  dengan analisis parsial dan analisis korelatif. Salah satu hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa minat siswa untuk belajar kosa kata menunjukkan tingkat yang memadai, karena mereka memiliki kecenderungan yang besar untuk belajar bahasa Arab dari kecenderungan mereka untuk belajar yang lain. Fakta bahwa mereka mampu berbicara bahasa Arab menunjukkan tingginya tingkat minat besar bahasa Arab dan menunjukan akan keterampilan mereka  dalam berbicara bahasa Arab. Hubungan di antara keduanya menunjukkan tingkat korelasi yang rendah karena faktor-faktor lain mempengaruhi kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Arab.

Author Biographies

Ade Arip Ardiansyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab
Deden Nurdian, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pendidikan Bahasa Arab

References

Hermawan, Acep. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya, 2018.

Hidayat, Yayat. “Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.” Maharat 1, no. 1 (2018): 28. https://doi.org/10.18196/mht.113.

Ibrahim, Abdul Alim. Al Muwajjih Al Fanniy Li Mudarrisii Al Lughah Al ‘Arabiyyah. Kairo: Daar al Ma’arif, 1968.

Jubaidah, Siti. “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Maharatul Kalam Dengan Media Komik Di Madrasah Aliyah Nasruddin Dampit.” Review Pendidikan Islam 1 (2014): 247. http://www.jrpi.mdcjatim.org/index.php/jrpi/article/view/20.

Munawar, Endang, and Mochamad Syarifudin. “Usluub Al Tadrib Al Mutawasil Fi Ta’limi Al Hiwar Wa Atsaruhu Fi Tarqiyati Maharati Al Kalam.” ALSUNA 1, no. 2 (2018): 96–102.

Musthafa, Izzuddin, and Acep Hermawan. Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya, 2018.

Musthafa, Saiful, and Mauidhatul Hasanah Saif. “Tathwīru Mādati Al Muhādatsah ’ala Asāsi Al Madkhal Al ’Ilmi.” Al ’Arabi 1, no. 1 (2018). http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/download/837/501.

Muzaki, Akhmad, and Syuhadak. Bahasa Dan Sastra Dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Malang Press, 2016.

Noor, Hilmi M. “Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Hiwar Dan Pengaruhnya Pada Prestasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018. http://digilib.uinsgd.ac.id/15422/4/4_bab1.pdf.

Suryadarma, Yoke, and Wirakanda Ricky Fernandez. “Tashmim Al Wasail Al Ta’limiyyah ’ala Al Syakli Domino Baile Chard Li Tanmiyati Kafaah Thalabah Al ’Ama Fi Hifdzil Mufradat.” In Al ’alaqah Baina Al ’Arab Wa Al Islam, 69–85. Bandung: Departement Of Arabic Language Education Univerci, 2018.

Syah, Muhibin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya, 2014.

Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.

Wahyu, Maryam Kusmawati. “Efektifitas Penerapan Media Komik Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Berbahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas XI MAN Pangkep.” UIN Alauddin Makassar, 2018. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3892/1/MARYAM KUSMAWATI WAHYU.pdf.

Published
2019-12-11
Abstract viewed = 529 times